Thursday, March 7, 2019

Mantap Nih...Kroya Sudah Siapkan Lahan 170 Ha Untuk Ibu Kota Indramayu Barat

PANTURAPOS – Wilayah Desa Sukaslamet, Kecamatan Kroya, Kabupaten Indramayu, sepertinya bakal menjadi sorotan masyarakat.

Bukan tanpa sebab, desa dengan luas wilayah sekitar 1.700 hektare ini termasuk yang disurvei Panitia Khusus (Pansus) DPRD Kabupaten Indramayu dalam rangka pembahasan permohonan persetujuan pembentukan calon daerah persiapan Kabupaten Indramayu Barat (Inbar).

Ditambah lagi, Desa Sukaslamet mendapat dukungan dari Bupati Indramayu Supendi sebagai lokasi rencana pusat pemerintahan Kabupaten Inbar.

Pemerintah Kecamatan Kroya dan Pemerintah Desa Sukaslamet pun merespons rencana besar ini dengan menyiapkan lahan seluas sekitar 170 hektare sebagai lokasi calon ibu kota Inbar. Letaknya di Blok Haredong sebanyak 45 hektare (Ha) dan Blok Sukaslamet seluas 125 hektare.

“Tanahnya sudah disiapkan. Tanah milik, sawah tadah hujan di Blok Haredong dan Blok Sukaslamet itu berdampingan,” kata Camat Kroya Haryono didampingi Kuwu (Kepala Desa) Sukaslamet Surnata kepada Radar, kemarin.

Keduanya menjamin, pembebasan lahan di dua blok bertetangga  itu tidak akan menemui kendala. Sebab, masyarakatnya sangat mendukung pemekaran. Terlebih, desanya dijadikan lokasi ibu kota kabupaten baru.

Camat Haryono menilai, lokasi di dua blok itu cukup bagus karena akan mudah diakses. Selain dekat dengan pintu masuk Tol Cipali Cikedung, juga mudah ditempuh dari wilayah kecamatan tetangga seperti Cikedung, Gabus Wetan, Gantar dan Haurgeulis.

Infrastruktur jalan dari Sukaslamter menuju Lajem akan segera dibangun oleh Pemkab Indramayu secara bertahap. Karena itu, ia berharap, Kecamatan Kroya bisa terpilih menjadi lokasi ibukota Kabupaten Inbar.

“Kita berdoa agar Kroya bisa terpilih, apalagi tim survei menilai positif lokasi yang kami tunjukkan saat turun ke lapangan,” ungkapnya.

Kuwu Sukaslamet, Surnata menambahkan, lokasi tersebut merupakan area persawahan tadah hujan. Namun demi kepentingan strategis daerah, kawasan itu akan diubah untuk menjadi lokasi ibukota.

Beberapa pihak juga telah menyatakan dukungan morilnya agar Desa Sukaslamet menjadi Ibukota Inbar. Hal tersebut diyakini akan membuat pembangunan dan perekonomian di Kecamatan Kroya dan sekitarnya dapat berkembang pesat. ( Radar Cirebon )

loading...
Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Latest News

Back to Top