Sunday, March 10, 2019

Mantap...!! Layanan Keliling Disdukcapil, Sasar Warga Kawasan Hutan

PANTURAPOS – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Indramayu kembali melaksanakan pelayanan keliling dokumen kependudukan dan pencatatan sipil. Kali ini, ditujukan untuk warga kawasan hutan Desa Mekarwaru, Kecamatan Gantar. Bertempat di Blok Cikandung.

Keberadaan mobil keliling Disdukcapil yang melayani permohonan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) dan Akta Kelahiran disambut antusias masyarakat setempat.

Itu karena warga tidak perlu mendatangi Kantor Disdukcapil Kabupaten Indramayu, tidak perlu antre lama dan hemat biaya transportasi. “Yang paling semangat, warga yang mau bikin akte kelahiran.

Jumlahnya sampai 215 keluarga,” sebut Kepala Disdukcapil Indramayu, H Moh Iskak Iskandar SSos, MM kepada Radar Cirebon, (8/3).

Pihaknya mengakui, mayoritas masyarakat di wilayah Kecamatan Gantar khususnya yang berbatasan dengan Kabupaten Subang jarang yang memiliki akta kelahiran.

Ini karena kendala jarak, waktu dan biaya untuk pengurusan sampai ke ibu Kota Kabupaten Indramayu tempat d imana kantor Disdukcapil berada.

Karena itu, terobosan yang digalakkan Pemkab Indramayu ini diharapkan dapat membantu masyarakatnya dalam kepemilikan akta lahir. Apalagi akta lahir sangat dibutuhkan masyarakat dalam proses administrasi, seperti untuk persyaratan anak masuk sekolah, pembuatan paspor dan sebagainya.

Asalkan syarat lengkap, proses pembuatannya pun ternyata mudah dan tidak memakan waktu lama. Akta kelahiran sudah dapat dimiliki warga.

Moh Iskak Iskandar menambahkan, tidak hanya akta kelahiran, pelayanan keliling dokumen kependudukan dan pencatatan sipil juga melayani pembuatan Kartu keluarga (KK) dan perekaman KTP elektronik.

Menyusul antusiasisme masyarakat, pelayanan keliling ini nantinya akan diadakan secara rutin berpindah dari satu tempat ketempat lainnya. “Tahun 2019 ini kita akan terus lakukan pelayanan keliling ke sejumlah tempat. Sasarannya yaitu wilayah yang memang jauh atau terepelosok,” tandasnya.( Radar Cirebon )

loading...
Show comments
Hide comments
1 comment:
Write comment
  1. izin share ya admin
    mari coba keberuntungannya bersama kami di F*a*n*s*b*e*t*t*i*n*g
    ditunggu apalagi,ayo buruan daftar :)

    ReplyDelete

Contact Form

Name

Email *

Message *

Latest News

Back to Top