Pemdes Bugel Gelar Wayang Kulit Semalam Suntuk Pada Acara Mapag Sri


PANTURAPOS - Pagelaran wayang kulit semalam suntuk Karya Budaya dengan Ki dalang H. Anom suwarno dari Desa Cipaat Kecamatan Bongas Kabupaten Indramayu, pagelaran wayang kulit tersebut dalam rangka agenda tahunan yang merupakan adat istiadat warga Desa Bugel Kecamatan Patrol dan pada khususnya masyarakat Indramayu yaitu adat istiadat Mapag Sri.
     
Adat istiadat tersebut digelar apabila menjelang awal panen raya, karena masyarakat Indramayu tepatnya Desa Bugel mayoritas penduduknya adalah petani, sehingga adat Mapag Sri setiap tahunnya selalu dirayakan.
      
Kuwu Desa Bugel Kecamatan Patrol Ansori saat bincang bincang dengan awak media "panturapos online'' beberapa hari yang lalu"

Kami atas nama masyarakat Desa Bugel mengucapkan banyak terimakasih kepada para tamu undangan terutama Kuwu Desa Mekarsari Cato dan Kuwu Desa Patrol Baru Abdul Khusen dan perangkat Desanya yang telah hadir diacara ini, karena acara ini merupakan ungkapan rasa syukur kepada sang maha pencipta atas segala bentuk hasil bumi, dan mudah mudahan hasil panen padi ini akan lebih baik dari tahun tahun sebelumnya.

     
Hal senada juga disampaikan beberapa warga,  isya Allah hasil panen padi ini akan lebih meningkat dibandingkan tahun sebelumnya, biasanya dalam satu hektar sawah bisa menghasilkan lima atau enam ton gabah, dan kami juga atas nama masyarakat Blok Pelawad Desa Bugel mengucapkan banyak terimakasi kepada Kuwu Ansori yang telah melestari adat budaya ini, apalagi kita semua sebagai generasi harus bisa menjaga adat istiadat sehingga tidak tergerus oleh perkembangan jaman, ungkap beberapa warga. (SUWARTO)

loading...

#Tags

Blogger
Disqus

No comments