Lestarikan Adat Budaya Lokal, Kuwu Sukahaji Gelar Acara Mapag Sri


PANTURAPOS - Kuwu Sukahaji H. Aan supriyanto didampingi perangkat Desa dan ratusan masyarakat berjalan dari Balai Desa Sukahaji menuju tempat pagelaran wayang kulit di prapatan jembatan Rami Blok Cangkingan Desa Sukahaji Kecamatan Patrol, dengan berpakaian serba hitam baik Kuwu maupun perangkat Desanya, sehingga menambah meriah suasana pada saat itu, secara simbolis Kuwu Sukahaji H.Aan Supriyanto memikul hasil bumi berupa padi dengan diiringi puluhan tumpeng dari masyarakat dan warga sekitar.
        
Dalam acara Mapag Sri tersebut dimeriahkan pagelaran wayang kulit dengan Ki dalang Anom Arsono Karya Budaya dari Desa Jayamulya Kecamatan Kroya Indramayu, pagelaran adat budaya di Desa Sukahaji ini merupakan moment yang sangat penting, karena baru kali ini adat tersebut sangat meriah karena adanya kekompakan baik masyarakat maupun Perangkat Desanya saling bersinergi demi melestarikan adat istiadat budaya warga Indramayu.
     
Menurut H.Aan Supriyanto Rabu ( 25/ 04 )" dengan adanya kegiatan acara Mapag Sri ini, itu merupakan ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas hasil bumi, karena sebentar lagi masyarakat petani akan menikmati sawah yang mereka garap dan mudah mudahan hasilnya bagus dan berlimpah, karena bagai manapun juga mayoritas penduduk Desa Sukahaji ini adalah masyarakat petani, dan kami kami ini harus bisa melestarikan adat istiadat budaya dari nenek moyang kita, jangan sampai adat budaya ini tenggelam atau tergerus oleh arusnya budaya budaya barat yang akan merusak generasi muda kita, untuk itu marilah kita merawat dan melestarikan budaya kita sendiri. (SUWARTO)

loading...

#Tags

Blogger
Disqus

2 comments


ditunggu apa lagi hanya dengan minimal deposit 10.000
mari coba keberuntungannya bersama dengan kami di fanspoker^^com

Balas

Selalu Sial / Tidak Pernah Menang Bermain di Situs Sebelah
Yuk di Coba Keberuntungan Anda Bermain di Situs Kami Hanya di WWW.AREATOTO.WIN

Balas