Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Nah Loh ! Tanggul Kali Jebol Lagi, Anies Minta Pengertian Warga untuk Bongkar Rumah


JAKARTA - Tanggul di Jatipadang, Jakarta Selatan kembali jebol pada Rabu (20/12/2017) malam. Tanggul di Kali Pulo ini jebol akibat hujan deras yang mengguyur kawasan tersebut.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan, lokasi tanggul berbeda dengan tanggul yang minggu lalu jebol.

"kejadian minggu lalu di RT 3, semalam di RT 14. Masalahnya sama, yaitu karena sungai sangat sempit kemudian aliran air kuat. Akibatnya ya tanggul jebol," ucap Anies di Monas, Kamis(21/12/2017).

Anies menyarankan kepada dinas terkait untuk memperkuat tanggul serta renovasi salah satu jembatan yang dianggap mengganggu aliran air di Kali Pulo.

"Langkah yang dilakukan adalah pembangunan tanggul sementara hingga bebas banjir. Kedua, ada jembatan di kampung itu yang rendah sehingga menutup aliran air. Maka tentu akan dibongkar dan ditinggikan. Terakhir akan ada penguatan di titik-titik yang dianggap lemah. Itu yang akan dilakukan dalam jangka pendek," jelasnya.

"Memang tidak ada pilihan lain, di tempat ini harus ada pelebaran," tegasnya.

Menurut Anies, lebar Kali Pulo di kawasan tersebut hanya 2 meter dari yang awalnya 20 meter. Kondisi kali terus menyempit karena banyak warga yang nekat mendirikan bangunan.

"Sungainya makin kecil karena warga menempati, membangun, dan betul-betul mengurangi lebar sungai," lanjut Anies.

Dalam waktu dekat, ia akan memanggil warga yang tinggal di bantaran sungai untuk menjelaskan aturan yang berlaku dan meminta pengetian warga untuk membongkar bangunannya.


"Ini bukan sekadar ikut aturan, ini soal penderitaan. Pada tega enggak tetangga-tetangganya menderita karena lebarnya sungai itu dikurangi rumah-rumah warga sendiri. Sesudah musim hujan ini kami akan perbaiki secara tuntas," tandasnya. (kricom)

Post a Comment for "Nah Loh ! Tanggul Kali Jebol Lagi, Anies Minta Pengertian Warga untuk Bongkar Rumah"

Berlangganan via Email