Warga Indramayu Ramai-ramai Serbu Penukaran Uang Baru

PANTURAPOS.COM - Jelang Idul Fitri, ratusan warga Kabupaten Indramayu ramai-ramai mendatangi mobil keliling Bank Indonesia di Alun-alun Indramayu untuk melakukan penukaran uang baru, Senin (19/6).

Kegiatan penukaran uang baru yang bersamaan dengan operasi pasar murah tersebut tidak hanya diminati oleh warga melainkan juga Pegawai Negeri Sipil (PNS). Tak ayal, antrean panjang pun tak terhindarkan. Bahkan untuk menjaga ketertiban dan keamanan, layanan tersebut dijaga oleh dua anggota polisi bersenjata lengkap.

Sementara dalam penukaran uang baru itu, ditetapkan aturan penukaran Rp 100 ribu untuk pecahan Rp 1.000,00, Rp 200 ribu untuk pecahan Rp 2.000,00, Rp 500 ribu untuk pecahan Rp 5.000, dan Rp 1 juta untuk pecahan Rp 10 ribu.

Seorang warga Kecamatan Juntinyuat, Warji, mengaku sengaja menukar pecahan uang baru untuk kebutuhan lebaran. Dia mengaku menukar uang haru pecahan Rp 2.000,00 dan Rp  5.000,00. “Buat bagi-bagi ke keponakan-keponakan,” ungkapnya.

Sedangkan tingginya antusias warga untuk menukar uang baru, membuat uang baru yang disediakan di mobil keliling itu habis sekitar pukul 12.00 WIB, terutama untuk pecahan Rp 5.000,00.

Kepala Perwakilan BI Cirebon, M Abdul Majid Ikram mengungkapkan, untuk melayani masyarakat yang membutuhkan penukaran uang baru, pihaknya menerjunkan mobil keliling. Mobil tersebut berkeliling ke wilayah Ciayumajakuning (Cirebon, Indramayu, Majalengka, Kuningan). “Kami sediakan pula penukaran uang baru di bank-bank umum,” ujarnya.

Tak hanya itu, lanjut Majid, mobil keliling untuk melayani penukaran uang baru juga akan hadir di rest area KM 166 Tol Cipali pada 20-22 Juni 2017.

Dikatakannya, secara keseluruhan, untuk memenuhi kebutuhan penukaran uang baru dari masyarakat selama Ramadhan dan Idul Fitri 2017, Kantor Perwakilan BI Cirebon menyiapkan uang senilai Rp 3,152 triliun. Jumlah itu lebih besar dibandingkan tahun sebelumnya.


“Naik 39 persen dari kebutuhan selama Ramadhan dan Idul Fitri 2016 yang mencapai Rp 2,163 triliun,” pungkasnya. (FC)
Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.

Recent Post