Waduh...!!! Pansus Angket Ancam Jemput Paksa Ketua KPK

PANTURAPOS.COM – Penolakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk menghadirkan Miryam S. Haryani di Pansus Angket bisa berbuntut panjang. Wakil Ketua Pansus Angket KPK, Taufiqulhadi, menyebut Ketua KPK Agus Rahardjo bisa dipanggil karena urusan ini.

“(KPK) Tidak boleh menolak. Kenapa harus menolak? Bahkan nanti kita akan memanggil juga KPK. Kalau tidak hadir ya pimpinan KPK itu akan kami panggil paksa juga,” ujar Taufiqulhadi di Kompleks DPR RI, Senayan, Senin (19/6/2017).

Ikhwal pemanggilan Miryam sendiri dimaksudkan untuk menerangkan maksud dari isi surat ang dilayangkan Miryam kepada komisi III beberapa waktu lalu.

Menurut Taufiqulhadi, surat tersebut berisi tentang pengakuan Miryam yang tak ditekan anggota DPR saat diperiksa KPK.

“Miryam mengatakan tidak melakukan, tidak pernah dia ditekan oleh sejumlah anggota DPR komisi III. Jadi tidak pernah ditekan oleh sejumlah anggota DPR,” lanjut politikus Nasdem itu.

“Oleh sebab itu, benar tidaknya Miryam mengatakan itu, akan kita konfirmasi di pansus, kalau tidak dikonfirmasi, kita tidak bisa lanjut,” tandasnya.

Sebelumnya, Pansus Angket mengancam akan menjemput paksa Miryam menggunakan ‘tangan’ kepolisian jika tiga kali panggilannya tidak diindahkan KPK. Hal itu sesuai UU MD3.


“Salah satu pasal 204 mengatakan kalau tiga kali dipanggil tak hadir akan dipanggil paksa dengan meminta polisi mengambil paksa,” ujar Taufiqulhadi. (KS)
Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.

Recent Post