Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Unik, Mahasiswa Ini Ciptakan Alas Duduk Anti Ngantuk

DETIKWARGA.COM - Mengantuk pada saat jam pelajaran atau saat dosen memberikan penjelasan materi, kerap terjadi pada mahasiswa. Rasa kantuk di kelas menyebabkan mahasiswa tidak fokus dan berkonsentrasi pada apa yang disampaikan dosen.

Berangkat hal tersebut, tiga mahasiswa asal Malang menciptakan Alas Duduk Anti Kantuk alias Alakantuk. Mereka adalah Wahyu Tasry Naufal, Asri Anjasari, dan Prayoga Bintang Primawan. Ketiganya merupakan mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Brawijaya (UB).

Alakantuk merupakan inovasi mahasiswa berupa alas duduk yang mampu meningkatkan denyut jantung manusia melalui getaran. "Ketika bergetar maka detak jantung meningkat, aliran darah juga meningkat sehingga jadi lebih fokus," terang Prayoga seperti yang dilansir dari laman UB.

Cara kerja Alakantuk, jelas Prayoga, berawal dari sensor detak jantung yang terpasang di pergelangan tangan. Sensor itu akan membaca denyut dan ketika detak jantung di bawah angka normal, maka alas duduk langsung menciptakan getaran yang memicu detak jantung kembali meningkat.

Selain untuk membantu fokus kuliah, Alakantuk ini juga didesain bagi pengendara di jalan. Pasalnya, mengantuk di jalan bisa berdampak fatal bagi keselamatan pribadi dan orang lain. "Alat ini merupakan solusi yang tepat bagi para sopir kendaraan beroda empat yang memiliki jam kerja lebih dari 12 jam perhari," imbuhnya.


Saat ini inovasi unik besutan mahasiswa ini sedang dalam proses pengajuan hak paten. "Kami masih akan melakukan pengujian lebih lanjut dan masih memperbaiki desainnya," kata Asri. (OZ)

Post a Comment for "Unik, Mahasiswa Ini Ciptakan Alas Duduk Anti Ngantuk"

Berlangganan via Email