Tok...!!! Hakim Vonis Siti Fadilah Empat Tahun Penjara

PANTURAPOS.COM – Majelis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta memvonis mantan Menteri Kesehatan, Siti Fadilah Supari dengan empat tahun penjara dan denda Rp 200 juta subsider 2 bulan kurungan.

Ketua Majelis Hakim Ibnu Basuki mengatakan terdakwa terbukti menyalahgunaan wewenang dalam kegiatan pengadaan alat kesehatan (alkes) guna mengantisipasi kejadian luar biasa (KLB) tahun 2005 pada Pusat Penanggulangan Masalah Kesehatan (PPMK) Departemen Kesehatan.

“Mengadili dan menyatakan bahwa terdakwa telah terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana korupsi sebagaimana dakwaan Jaksa Penuntut Umum Komisi Pemberantasan Korupsi (JPU KPK),” tegasnya saat membacakan amar putusan.

Putusan tersebut lebih ringan dibanding tuntutan jaksa yang menuntutnya dengan enam tahun penjara dan denda Rp 500 juta subsider enam bulan kurungan.

Hakim memaparkan perbuatan terdakwa telah menyebabkan kerugian keuangan negara sebesar Rp 5,7 miliar. Ia juga disebut telah menyuap pihak perusahaan swasta untuk melancarkan perbuatannya.


Atas perbuatannya, Siti terbukti melanggar Pasal 3 juncto Pasal 18 dan Pasal 11 UU Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 juncto Pasal 65 ayat 1 KUHP. (KS)
Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.

Recent Post