Nah Loh...!!! Bupati Indramayu Minta Kebijakan Sekolah Lima Hari Dikaji Ulang

PANTURAPOS.COM - Bupati Indramayu, Hj Anna Sophanah meminta agar rencana penerapan sistem lima hari belajar siswa (full day school) dalam sepekan kembali dikaji ulang dengan tidak mengabaikan kepentingan peserta didik dalam berprestasi.

“Beberapa tahun lalu Kabupaten Indramayu sudah menerapkan full day school dengan mengombinasikan sekolah reguler dan juga sekolah madrasah,” ungkapnya seusai menjadi pembina apel pagi di Dinas Pendidikan Kabupaten Indramayu, Kamis (15/6).

Menurut Anna, penerapan full day school, pagi anak-anak belajar di sekolah dan siangnya mereka sekolah di madrasah. Dengan kebijakan ini jumlah madrasah di Indramayu berkembang sangat pesat karena mereka punya forum madrasah. “Apakah full day school ini bisa diterapkan di Indramayu?" tanya bupati.

Anna berharap, hasil putusan Kemendikbud nantinya bisa mewujudkan penyelenggaraan sistem pendidikan, termasuk di dalamnya kurikulum dan metodologi yang mengedepankan prinsip kepentingan terbaik bagi anak serta sesuai dengan fungsi pendidikan sebagai ruang dimana anak belajar lebih tahu (learn to know), mau melakukan sesuatu (learn to do), mulai menjadi sesuatu (learn to be), dan bisa berinteraksi di lingkungannya (learn to live together).

Anna menilai, dunia anak adalah dunia bermain dan berekspresi, sehingga sejatinya pendidikan akan membuat ruang-ruang kebebasan berekspresi bagi anak, dan membuka ruang menyatakan pendapat maupun ruang untuk mengoptimalkan berbagai jenis kecerdasan anak.

"Jadi jangan sampai ada sebuah pemaksaan, ide-ide atau gagasan-gagasan orang dewasa yang kemudian tidak memenuhi kebutuhan fisik, emosi dan sosial anak," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Indramayu, Ali Hasan mengatakan, sekolah lima hari dengan full day school membutuhkan kesadaran orang tua.


Selain itu juga dibutuhkan kesadaran rekan-rekan pendidik dengan kebijakan baru tersebut sehingga kebijakan yang dimunculkan jangan sampai tidak populis. (FN)
Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.

Recent Post