Kemlu RI Telisik Kisah 2 Perempuan WNI yang Ditipu ISIS

PANTURAPOS.COM - Pada 15 Juni 2017, beberapa media memberitakan tentang kisah sejumlah perempuan Warga Negara Indonesia yang sempat bergabung bersama ISIS, namun kini memutuskan untuk meninggalkan kelompok teroris tersebut.

Dua nama perempuan itu berhasil terungkap --seperti yang diwartakan oleh BBC dan turut disadur oleh Aawsat dan Strait Times--, yakni Leefa (38 tahun) dan Nur (19 tahun).

Menurut pewartaan tersebut, Leefa, Nur, beserta sekitar 15  WNI lain memutuskan untuk bergabung dengan ISIS di Raqqa atas sejumlah janji manis yang diiming-imingi oleh kelompok bernama lain Daesh tersebut.

Namun, setelah iming-iming tersebut ternyata hanya isapan jempol belaka, Leefa, Nur, dan perempuan WNI lain merasa telah menjadi korban penipuan dan menginginkan untuk kembali ke Tanah Air.

Dalam konferensi pers, awak media mencoba untuk mengkonfirmasi kisah tersebut kepada Kementerian Luar Negeri RI pada Selasa (20/6/2017).

Pihak Kemlu mengakui bahwa kabar tersebut justru mencuat ke permukaan lewat pemberitaan media asing. Dan saat ini, Kemlu mencoba menelisik kabar tersebut.

"Kami mengetahui informasi itu pertama kali dari media. Seperti yang diberitakan oleh BBC pertama kali. Yang kami lakukan adalah berusaha untuk mengonfirmasi kepada kedutaan besar terkait. Kami juga menelusuri nama yang disebut dalam berita itu dan mencocokkannya dengan basis data milik Kemlu RI," kata Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia dan Badan Hukum Indonesia (PWNI-BHI) Kementerian Luar Negeri RI, Lalu Muhammad Iqbal di Jakarta, Selasa 20 Juni 2017.


"Sejauh ini kami masih melakukan penelusuran dan sekaligus mengidentifikasi para WNI yang disebut dalam berita tersebut. Kita juga koordinasi antar lembaga dan pihak terkait di Suriah," tambah Iqbal. (LIP)
Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.

Recent Post