Breaking News

Waduh, Mobil Presiden Jokowi Sering Mogok, Kata Fadli: Ganti Esemka Saja

JAKARTA - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Fadli Zon ‎ikut mengomentari mobil Mercedes Benz S-600 Pullman Guard hitam yang dipakai Presiden Joko Widodo yang sering mogok di tengah jalan saat kunjungan kerja ke daerah. Terakhir, Sabtu (18/3/2017), mobil tersebut mogok di Kalimantan.

Dengan nada bercanda, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra mengatakan seharusnya mobil kepresidenan untuk Jokowi diganti dengan mobil Esemka.‎

"Ganti dengan Esemka saja‎," kata Fadli dilanjutkan tertawa, di DPR, Kamis (23/3/2017).

Mobil Esemka Rajawali ialah kendaraan dinas Jokowi ketika masih menjadi wali kota Solo, Jawa Tengah, tahun 2012. Mobil ini merupakan rakitan anak-anak SMK Negeri 2 Surakarta. Berkat nama mobil tersebut, Jokowi menjadi sohor di Tanah Air dan secara tak langsung turut meningkatkan elektabilitasnya di pemilihan presiden tahun 2014.

Fadli Zon menambahkan umumnya masalah yang dialami kendaraan berawal dari maintenance. Menurut dia seharusnya maintenance mobil dinas Presiden sangat baik, mengingat mobil tersebut dipakai buat acara-acara dinas kenegaraan. Fadli mengatakan sangat jarang di dunia ini ada kasus mobil Kepala Negara mogok di tengah jalan.

"Tapi harusnya bagian yang melakukan maintenance‎ itu bisa, tidak bolehlah mobil yang digunakan Presiden itu mogok. Jarang kejadian di negara lain juga," kata dia.

‎Kepala Sekretariat Kepresidenan, Darmansjah Djumala, menjelaskan mobil kepresidenan mogok karena faktor usia kendaraan. Soal perawatan, kata dia, tak perlu diragukan.

"Itu mobil tahun 2007, kondisi (mesin) bagus, karena pemeliharaan rutin dan reguler sesuai dengan log book. Servisnya bulanan, tetapi kami periksa karena faktor umur sudah 10 tahunan. Jadi memang mobil itu ada saja detil kecil yang haus, tetapi itu masih bisa dipakai," kata Djumala, Senin (20/3/2017).

Menurut dia ketika mobil mengalami masalah di tengah jalan, mesin ‎mobil sebenarnya tidak rusak dan masih layak pakai. Hanya saja, kecepatan kendaraan berkurang.

‎"Mobil itu kemarin mogok tidak fatal, tidak rusak, cuma akselerasinya melemah. Jadi tidak prima, istilahnya faktor umur, diinjak gas tidak lari (laju). Tetapi masih bagus untuk ukuran VVIP, masih layak, karena diperiksa rutin," ujar dia.

Djumala menuturkan mobil tersebut diangkut dari Jakarta ke Kalimantan Barat untuk memudahkan transportasi Presiden.

"Mobil itu memang dibawa dari Jakarta‎. Mobil Presiden itu ada beberapa," kata dia.

"Mercy S600 juga sesuai standar Presiden, ada di atas tahun 2007," Djumala menambahkan.


Setelah mobil bermasalah, siang itu, Jokowi dan Iriana dipindahkan ke mobil cadangan untuk melanjutkan perjalanan. (suara)
loading...

2 comments:

  1. ingin wujudkan impian anda , raih kesempatan dan menangkan ratusan juta rupiah hanya di ionqq,silakan invite
    pin bb#58ab14f5

    ReplyDelete
  2. ayo bergabung diajoqq , silakan coba keberuntungan anda disini dan menangkan ratusan juta rupiah,hadiah menantikan
    anda silakan bergabung invite pin bb#58cd292c

    ReplyDelete