Luar Biasa...!! Cerita Ahok bayar uang rusun lansia yang tidak mampu

JAKARTA - Vokalis band Nidji, Giring Ganesha memiliki cerita ketika mengunjungi rumah susun sederhana sewa (rusunawa) Jatinegara Barat. Di situ, dirinya mendapati seorang lansia penghuni rusunawa yang tidak mampu membayar sewa.

Meski tidak mampu membayar sewa, lansia itu tetap tinggal di rusunawa tersebut. Kata Giring, Gubernur DKI Jakarta nonaktif Basuki Tjahaja Purnama ( Ahok) lah yang membayar sewa dari rekening pribadinya.

"Tapi tebak siapa yang membayarin? Uang pribadinya Ahok," kata Giring, beberapa waktu lalu.

Rusunawa ditujukan untuk memenuhi kebutuhan perumahan kelompok masyarakat lapisan paling rentan di Jakarta. Kelompok paling rentan itu antara lain warga yang selama ini tinggal di atas bantaran sungai, danau, pasar, samping rel atau kolom-kolom jembatan.

Selain mereka tinggal di atas lokasi yang tidak diperuntukkan sebagai tempat tinggal, mereka juga adalah kelompok warga yang paling miskin.

Namun begitu, rumah-rumah susun tersebut tidak diberikan secara gratis. Ada sewa sekitar 10 ribu rupiah per-hari atau 300 ribu rupiah per-bulan. Perihal sewa inilah yang sering menjadi sasaran kritik.

Umumnya kritikan mengarah pada kekhawatiran bahwa warga yang baru pindah ke rumah susun tidak akan mampu membayar sewa rumah karena sumber penghidupan yang dipersepsi berkurang setelah pindah dari tempat lama.

Tentu ada warga yang mudah beradaptasi, tapi ada juga yang sulit. Mereka yang sulit beradaptasi dan mendapatkan sumber penghasilan baru kemungkinan juga akan mengalami kesulitan ekonomi yang berimplikasi pada pembayaran sewa rumah.

Walaupun pemerintah provinsi sudah menyediakan sejumlah fasilitas penunjang seperti akses kesehatan, pendidikan, dan transportasi gratis, tetap saja ada kemungkinan warga yang tidak mampu memaksimalkan segala fasilitan itu untuk menaikkan pendapatan. Tentu alasannya berbeda di masing-masing individu.

Dengan kondisi ekonomi yang berbeda-beda, sewa Rusun tetap sama untuk tiap penghuni. Sewa Rusun wajib dibayarkan, apapun keadaannya. Prinsip ini penting untuk menjaga sistem tetap berjalan.


Bagaimana dengan penghuni yang benar-benar tidak mampu membayar, dengan beragam alasan? Dalam beberapa kasus, seperti yang ditemui Giring, Ahok sendiri yang membantu dengan uang pribadinya membayarkan sewa penghuni yang sudah lanjut usia. (merdeka)
Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.

Recent Post