Wow... Menurut Populi Center, Ahok Diprediksi Akan Menang Satu Putaran

JAKARTA  – Tingkat keterpilihan (elektabilitas) pasangan Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni jeblok usai debat kandidat ke dua yang digelar KPU DKI Jakarta, Jumat (27/1/2017) lalu.

Berdasar survei yang dilakukan Polpuli Center pada periode 28 Januari 2016 hingga 2 Februari 2017, elektabilitas Agus-Sylvi sebesar 21,8 persen.  “Elektabilitas Ahok-Djarot menempati peringkat pertama dengan 40 persen. Disusul Anies-Sandi dengan persentase 30,3 persen,” ujar peneliti Populi Center,  Nona Evita, di Slipi, Jakarta Barat, Senin (6/1/2017).

Nona menjelaskan, sejak debat pertama dan ke dua elektabilitas pasangan nomor satu memang terjadi tren penurunan. Hal ini berbanding terbalik dengan dua pesaingnya, Ahok-Djarot dan Anies-Sandi yang mengalami kenaikan keterpilihan.

Berdasar tren elektabilitas tersebut, Nona memprediksi Pilkada DKI Jakarta tidak menutup kemungkinan digelar satu putaran. Pasangan petahana diprediksi akan memenangi satu putaran dengan kemenangan tipis atas pesaingnya.

“Dengan tren seperti sekarang ini, maka estimasi kasar untuk elektabilitas setelah debat ke tiga adalah 19 persen untuk Agus-Sylvi, 46 persen Ahok-Djarot dan 34 persen untuk Anies-Sandi. Sehingga dengan mempertimbangkan plus minus margin of error, masih terbuka peluang satu putaran dengan kemenangan yang tipis,” papar Nona.


Populi Center melakukan survei dengan wawancara tatap muka di enam wilayah di DKI Jakarta kepada 600 responden yang dipilih secara acak bertingkat. Survei memiliki matgin og error kurang lebih 4 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. (poskota)
loading...

#Tags

Blogger
Disqus

No comments