Walah... Djarot Sebut Program Anies sudah Dijalankan Pemerintah, Itu Sudah Dilakukan Dari Dulu Bos

JAKARTA - WAKIL gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat menyebut program drainase vertikal yang dikumandangkan calon gubernur DKI Anies Baswedan sudah dilakukan Pemerintah Provinsi DKI sejak dulu.

"Kalau yang dimasud itu sumur resapan, sudah dilakukan dari dulu bos," kata Djarot di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (17/2).

Djarot mengatakan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sudah menggalakkan sistem sumur resapan untuk menampung air sejak beberapa tahun lalu. Program yang digalakkan adalah membuat biopori dan sumur resapan.

"Biopori, sumur resapan, ditambah ruang terbuka itu kami bangun embung, pengerukan sungai. Sekarang juga sudah banyak," ujarnya.

Djarot mengungkapkan, Pemerintah DKI kini fokus kepada pembenahan drainase dan normalisasi Kali Ciliwung. Djarot mengakui banjir masih terjadi di Jakarta. Namun, banjir sudah jauh berkurang dibandingkan masa lalu.

"Indonesia sedang dihantam cuaca ekstrem dan banyak yang masih banjir. Jakarta Alhamdulillah. Berarti kan sudah ada perubahan yang luar biasa," kata Djarot.

Sebelumnya, Anies mengatakan perlu adanya pengelolaan air dengan vertikal drainase, membuang air ke dalam tanah. Caranya, memperbanyak sumur resapan. Cara itu diharapkan bisa mengurangi volume air yang ke kali.

"Pengelolaan air harus menggunakan vertikal drainase, bukan hanya horizontal drainase. Artinya, dialirkan ke laut saja belum cukup. Tetapi juga dimasukkan ke bumi," katanya. (mediaindonesia)



loading...

#Tags

Blogger
Disqus

No comments