Breaking News

Nah Loh, Semakin Mendekati Hari Pencoblosan, Pasangan Agus – Sylvi Semakin Merosot Dan Gugur Diputaran Pertama

JAKARTA - Direktur Survei dan Polling Indonesia (SPIN), Igor Dirgantara mengatakan tidak menutup kemungkinan tekanan pemerintah terhadap partai politik pendukung Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni beralih kepada pasangan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat nanti.

Sebab, beberapa lembaga survei merilis menjelang hari pencoblosan kalau pasangan nomor urut 1 yakni Agus-Sylvi kian merosot pada posisi buncit. Sedangkan, diprediksi yang bakal melenggang ke putaran kedua pasangan incumbent Ahok-Djarot dan pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno.

"Di putaran kedua bisa saja ada manuver politik elit pemerintah agar tercipta skenario seperti itu (parpol pendukung pemerintah dukung petahan)," kata Igor kepada INILAHCOM, Jumat (3/2/2017).

Namun, pengamat politik dari Universitas Jayabaya ini meragukan juga jika tekanan elit politik pemerintah dapat menggiring partai politik pendukung Agus-Sylvi yakni PPP, PAN dan PKB untuk mendukung Ahok-Djarot bila lolos ke putaran kedua serta Agus-Sylvi gagal melaju putaran kedua.

"Saya menyangsikan hal tersebut bisa efektif pada tataran pemilih ditingkat grass root yang menginginkan kepemimpinan baru di Jakarta," ujarnya.

Sebelumnya, pasangan incumbent Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat unggul dalam beberapa survei jelang hari pencoblosan tanggal 15 Februari 2017.

Pasangan nomor urut dua itu diprediksi akan head to head dengan pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno. Sementara, pasangan Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni diperkirakan akan gugur pada putaran pertama Pilgub DKI.


Untuk diketahui, pasangan Agus-Sylvi diusung dan didukung oleh Partai Demokrat, PPP, PAN dan PKB. Kemudian, pasangan Ahok-Djarot diusung oleh PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai Hanura dan Partai NasDem. Sedangkan, pasangan Anies-Sandi diusung oleh Partai Gerindra dan PKS. (inilah)
loading...

No comments