Nah Loh, Satu per satu pendemo Ahok tersangkut kasus hukum, makanya jangan sok suci

JAKARTA - Perhelatan Pilgub DKI 2017 berlangsung panas. Tak cuma saling serang lewat komentar di media, para kandidat dan 'pihak ketiga' juga tersangkut kasus hukum.

Basuki T Purnama ( Ahok) misalnya. Saat ini harus duduk di meja hijau karena menjadi terdakwa penistaan agama. Bukan hanya Ahok, Cawagub DKI Sylviana Murni terbelit kasus pembangunan masjid di Kantor Wali Kota Jakpus dan bansos kwarda Pramuka. Sylviana sudah diperiksa oleh polisi sebagai saksi.

Bukan hanya kandidat, tapi 'pihak ketiga' juga terkena imbasnya. Para petinggi Front Pembela Islam (FPI) ikut terkena jeratan hukum.

FPI lantang menolak pencalonan Ahok sejak dulu. Bahkan, FPI jadi garda terdepan demo besar Ahok di kasus penistaan agama pada 4 November dan 2 Desember 2016 lalu. Kini satu per satu mereka terjerat kasus hukum

Imam Besar FPI Habib Rizieq Syihab telah ditetapkan sebagai tersangka kasus penodaan Pancasila saat dirinya sampaikan ceramah di Lapangan Gazibu, Bandung pada 2011 lalu. Rizieq diduga telah menodakan Pancasila karena bilang Pancasila Soekarno ada di pantat.

Rizieq disangkakan melanggar Pasal 154 a KUHP tentang penodaan terhadap lambang negara dan Pasal 320 KUHP tentang pencemaran terhadap orang yang sudah meninggal. Dalam kasus ini, Rizieq dilaporkan oleh Sukmawati Soekarnoputri.

Penetapan status tersangka Rizieq diputuskan berdasarkan gelar perkara ketiga tim penyidik Polda Jabar. Gelar perkara berlangsung selama 7 jam dari pukul 11.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB.

"Penyidik meningkatkan status Rizieq Syihab dari saksi terlapor menjadi tersangka," kata Kabid Humas Polda Jabar Kombes Yusri Yunus, Senin (30/1) lalu. (merdeka)



loading...

#Tags

Blogger
Disqus

No comments