Belum Ada Pemberhentian Sementara, Ahok Kembali Jadi Gubernur DKI Dan Ngantor Lagi Besok Senin

JAKARTA -- Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo memastikan bahwa Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok akan kembali menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta pada akhir pekan ini. Sebab, masa kampanye Pilkada DKI Jakarta akan berakhir pada Sabtu (11/2/2017).

Dengan demikian, masa cuti Basuki habis pada esok hari.

"Besok tanggal 11 Februari, masa kampanyenya habis. Plt (Pelaksana tugas) harus sudah menyerahkan kembali ke Pak Ahok melaksanakan tugas sebagai gubernur sampai masa berakhir jabatannya nanti," ujar Tjahjo di Kompleks Istana Presiden, Jakarta, Jumat (10/2/2017).

Kepala Biro Kepala Daerah dan Kerjasama Luar Negeri (KDH KLN) DKI Jakarta Muhammad Mawardi menjelaskan pada hari itu, Ahok dengan Djarot sudah menyelesaikan cutinya untuk mengikuti kampanye pada kontestasi Pilkada DKI Jakarta 2017.

Oleh karena itu, prosesi serah terima jabatan dari Pelaksana Tugas Sumarsono kepada Ahok-Djarot akan dilakukan pada Sabtu sore.

"Betul (sertijab Sumarsono dengan Ahok-Djarot) rencana pukul 15.30 WIB. Rencananya di Balai Agung," kata Mawardi, kepada Kompas.com, Rabu (8/2/2017).

Sumarsono akan menyerahkan buku selama masa kepemimpinannya di Jakarta kepada Ahok. Selain itu, akan ada, pejabat satuan kerja perangkat daerah (SKPD) DKI Jakarta yang menghadiri acara tersebut.

Menunggu tuntutan

Tentang status Ahok yang merupakan terdakwa perkara dugaan penodaan agama dan masih menjalani masa sidang, Tjahjo menegaskan, dirinya tetap tidak dapat memberhentikan sementara Ahok. Hal tersebut lantaran Ahok hanya diancam hukuman di bawah lima tahun.

"Jadi saya harus adil sebagaimana teman-teman pejabat yang lain yang kasusnya di bawah lima tahun, sepanjang dia tidak ditahan, ya dia tetap menjabat," ujar Tjahjo.

Oleh karena itu, Mendagri akan menunggu proses di peradilan sampai pada tahap penuntutan.


"Sekarang dia saya berhentikan, enggak tahunya jaksa menuntut empat tahun, saya digugat. Makanya saya harus adil dong," lanjut dia. (tribun)
loading...

#Tags

Blogger
Disqus

No comments