Indramayu


Cirebon


Subang


Home » , , » Sering Bikin Gaduh Dimasyarakat, MUI Bakal Berkoordinasi Dengan Polri Saat Mengeluarkan Fatwa

Sering Bikin Gaduh Dimasyarakat, MUI Bakal Berkoordinasi Dengan Polri Saat Mengeluarkan Fatwa

JAKARTA - Majelis Ulama Indonesia (MUI) bakal aktif berkomunikasi dengan Polri sebelum mengeluarkan fatwa. Koordinasi dilakukan untuk meminimalisasi kemungkinan kericuhan.

"Fatwa itu kewenangan MUI. Kalau ada sesuatu yang harus ditindaklanjuti, kami komunikasi dengan pihak Polri supaya tidak terjadi (kericuhan)," kata Ketua MUI Ma'ruf Amin usai mengikuti FGD 'Fatwa MUI dan Hukum Positif' di aula Adhi Pradana, PTIK, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (17/1/2017).

MUI membutuhkan institusi yang bisa mengamankan agar tak terjadi penyimpangan atau penyalahgunaan fatwa oleh sebagian masyarakat. Polri bisa mengantisipasi apabila ada kemungkinan dampak tak baik.
Namun, bukan berarti MUI membenarkan fatwa yang dikeluarkan justru menjadi biang keributan. MUI sama sekali tak pernag memecah belah keberagaman.

"Tidak benar itu. Fatwa itu bagian dari toleransi, bagian dari kebhinekaan. Umat Islam dengan identitasnya dan harus dilindungi juga, agama lain dengan identitasnya harus dilindungi juga itukan kebhinekaan namanya," jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ma'ruf juga mengklaim selalu mempertimbangkan aspek sosial setiap mengeluarkan fatwa. Fatwa yang dikeluarkan penting untuk menunjukkaan bagaimana umat Islam harus menyikapi sesuatu.

Setiap mengeluarkan fatwa, MUI selalu mempertimbangkan aspek sosial. Fatwa, kata dia, untuk menunjukan bagaimana umat Islam harus bersikap.


Ma'aruf juga menjelaskan, fatwa bersikap mengikat terhadap umat Islam. "Kalau pun sudah jadi hukum positif, hukum positif buat orang Islam juga, kalau bukan muslim enggak terbawa-bawa," bebernya.

METROTVNEWS.COM

2 komentar:

  1. Mui tuh pilih tebu !
    Kasus ahok langsung keluarin sikap keagamaan
    Giliran habib rizieq mau di konfirm dulu
    Apa alasan mui? Pantes gak begitu ?

    ReplyDelete
  2. Ayo daftarkan diri Anda di F*a*n*s*B*E*T*I*N*G :)
    pin bbm 5-E-E-8-0-A-F-E

    ReplyDelete