Pasangan Ahok – Jarot Unggul Di Survey Indikator Politik, Agus – Sylvie Unggul Di Gaya Dan Penampilan

JAKARTA - INDIKATOR Politik Indonesia baru saja merilis hasil survei terbaru perihal Pilgub DKI Jakarta 2017. Dalam rilis tersebut, pasangan Ahok-Djarot menempati posisi teratas diikuti dengan pasangan Agus-Slyvi dan Anies-Sandiaga yang menempati posisi dua dan tiga.

Dalam survei tersebut, elektabilitas pasangan nomor urut 1, Agus Yudhoyono-Sylviana Murni sebesar 23,8%, elektabilitas pasangan nomor urut 2, Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat sebesar 38,2%, sedangkan elektabilitas pasangan nomor urut 3, Anies Baswedan-Sandiaga Uno sebesar 23,6%. Dari total survei, sebanyak 14,5% responden yang tidak tahu atau tidak menjawab.

Peneliti Indikator Politik Indonesia, Rizka Halida ketika dihubungi Media Indonesia, Rabu (25/1) menjelaskan, menurunnya elaktibilitas paslon nomor 1 karena dari kualitas personal, sosok Agus dinilai masyarakat hanya unggul dari kualitas penampilan.

"Dari kualitas personal. Agus saat ini baru unggul dalam kualitas "penampilan menarik/ganteng". Sedangkan dalam kualitas yang merupakan kriteria utama pilihan seperti "jujur atau bersih dari korupsi" dan "mampu memimpin Jakarta" beliau masih di bawah Ahok dan Anies," tutur Rizka.

Sementara itu, Agus-Silvy dinilai juga masih belum bisa meyakinkan pemilihnya tentang program "1 RW 1 Miliar per tahun" yang padahal sudah banyak masyarakat yang mengetahui program tersebut. Sehingga meski sudah mengetahui, pemilih masih merasa belum yakin bahwa program tersebut bisa benar-benar direalisasikan.

"Sehingga memang masih sedikit yang tahu dan dari yang tahu masih terbelah antara yang yakin dengan yang tidak yakin bahwa pasangan nomor 1 akan merealisasikan program itu. Akibatnya, program kampanye ini belum memiliki efek elektoral bagi paslon 1," jelasnya.

Dan untuk kasus dugaan korupsi Masjid Al Fauz, Rizka menyebut penelitiannya menyebut hanya 27% responden yang mengetahui kasus ini. "Dan di antara yang tahu, relatif terbelah antara yang yakin dengan yang tidak yakin. Dari kasus ini, memang yang tahu dan yakin atas keterlibatan Ibu Silvy cenderung pemiih Anies-Sandi," papar Rizka.


MEDIAINDONESIA.COM
loading...

#Tags

Blogger
Disqus

No comments