Menghasut Masyarakat, Polisi Pastikan Akan Usut Rizieq Shihab Soal Penghasutan Pecahan Uang

JAKARTA - Polda Metro Jaya memastikan akan mengusut dugaan penghasutan oleh Ketua Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab terkait pecahan uang yang dikabaran bergambar palu arit. Pengusutan terhadap kasus itu dipastikan akan terus dilakukan meskipun tidak ada pihak yang melaporkan Rizieq.

"Nanti kita tunggu aja siapa yang melapor," tegas Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono di Mapolda Metro Jaya, Jumat (6/1/2017).

Argo melanjutkan, hal itu dimungkinkan dengan laporan polisi model A, yaitu laporan yang dibuat berdasarkan temuan polisi sendiri.

"Apakah model A apa ada yang melapor kita tunggu saja," ujar Argo.

Pihak BI sebenarnya sudah membantah bahwa pecahan uang berlogo palu arit yang sempat beredar itu adalah hasil cetakan BI.

Analis Ekonomi Kantor Perwakilan BI Provinsi DKI Jakarta, Supriyadi Ramdan Winata, mengatakan, gambar palu dan arit yang erat kaitannya dengan lambang Partai Komunis Indonaia (PKI) merupakan salah satu teknologi yang sengaja diterapkan BI, yakni Rectoverso.

"Kalau lambang itu diterawang akan membentuk logo BI, di depan dan belakang pun sama, itu rectoverso," ungkap Pri, pada acara Media Gathering BI Provinsi DKI Jakarta 2016, di Pulau Pantara, Minggu (13/11)

Dalam upaya pengusutannya, Polisi berencana akan memanggil saksi ahli dari BI untuk memproses dugaan penghasutan ini.

"Itu kan memberikan penghasutan kepada masyarakat, ada PKI di Indonesia, tidak boleh seperti itu, tidak bisa bicara itu," ujar Iriawan di Mapolda Metro Jaya, Kamis (5/1/2017).


JITUNEWS.COM
loading...

#Tags

Blogger
Disqus

No comments