Diperiksa Polisi, Habib Rizieq Tidak Kooperatif Dan Selalu Membantah

BANDUNG - Polda Jabar akan menindaklanjuti hasil pemeriksaan terhadap Habib Rizieq Shihab. Rizieq sendiri diperiksa selama kurang lebih enam jam dengan 22 pertanyaan yang dilontarkan penyidik kepada Rizieq.

"Setelah pemeriksaan ini nanti masuk ke dalam tahap gelar perkara. Secepatnya," ujar Kapolda Jabar, Irjen Pol Anton Charliyan kepada wartawan di Mapolda Jabar, Kamis (12/1/2017)

Anton mengatakan, pertanyaan-pertanyaan dari penyidik seputar video ceramahnya yang dilakukan di lapangan Gasibu pada tahun 2011. Penyidik pun memperlihatkan video tersebut kepada Rizieq.

"Video yang diperlihatkan hanya inti-intinya saja," katanya.

Anton menyebut, selama proses pemeriksaan, Rizieq kurang kooperatif. Hal itu ditandai dengan bantahannya seputar video yang diperlihatkan oleh penyidik. Menurut Anton, Rizieq membantah telah melakukan ucapan penghinaan pancasila dan mempermasalahkan penayangan videonya yang hanya dua menit.

"Yang bersangkutan dalam pemeriksaan kurang kooperatif. Dia membantah telah mengatakan hal tersebut dan bilang kalau gambar ini editan. Tapi video ini sudah dicek di puslabfor, dan video ini asli. Tapi kalau dia bilang editan, itu hak dia," katanya.

Menurut Anton, adapun pasal yang disangkakan kepada Rizieq yakni Pasal 154 KUHPidana tentang penghinaan lambang negara dan Pasal 310 tentang pencemaran nama baik.

"Tahapan ke depannya, akan digelar perkara terlebih dahulu dan akan diadakan pemeriksaan lagi. Kami akan mengkonftontir saksi yang mengetahui di TKP (tempat kejadian perkara)," katanya.


TRIBUNJABAR.COM
loading...

#Tags

Blogger
Disqus

3 comments

Tegak kan Hukum....agar NKRI benar-benar damai

Balas

Gabung yuk di F*a*n*s*B*E*T*T*I*N*G
Ini pin bbmnya 5ee80afe :D

Balas