Bagi Yang Masih Normal, Meski Kutip Al Maidah, Mayoritas Warga Jakarta Anggap Ahok Tak Lakukan Penistaan

JAKARTA – Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi mengatakan, isu Surat Al Maidah ayat 51 yang dikutip calon gubernur Basuki T. Purnama (Ahok) menjadi salah satu indikator dalam survei yang dilakukan pihaknya.

Burhanuddin menjelaskan, secara garis besar kelompok yang menilai jika Ahok menistakan agama terus menurun.

Dikatakan Burhanuddin, pada November lalu sekitar 62% warga menganggap Ahok menistakan agama. Lalu pada Desember 2016 turun jadi 54%, dan di Januari hanya sekitar 47% warga Jakarta yang menganggap Ahok melakukan penistaan agama.

“Sebaliknya, semakin banyak warga yang menilai Ahok tak melakukan penistaan agama,” kata Burhanuddin di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Rabu (25/1/2017).

Burhanuddin mengungkapkan, jika pada November 2016 hanya 18% yang menganggap Ahok tak melakukan penistaan, lalu meningkat menjadi 26% pada Desember, maka pada Januari ini 34% warga Jakarta yakin Ahok tidak menistakan agama.

Survei ini dilakukan pada 12-20 Januari 2017 dengan 808 responden warga Jakarta yang berusia 17 tahun ke atas. Responden terpilih diwawancarai lewat tatap muka.

Metode yang digunakan adalah stratified multistage random sampling. Data yang dianalisis hanya responden asli sebanyak 697 (86,3%), ukuran sampel 697 dengan margin of error sekitar 3,8%.

KRIMINALITAS.COM
loading...

#Tags

Blogger
Disqus

No comments