Waduk Cipancuh Sering Menjadi Tempat Wisata Dadakan

INDRAMAYU - Waduk cipancuh, kini kerap menjadi tempat perkumpulan para wisataWAN lokal. Yang mana luas waduk tersebut mencapai 700 HA, dan luas genangan 540 HA, yang di bangun pada tahun 1927 s/d 1929.  volume maksimal waduk tersebut 6.000.000 m3.

Elevasi dasar terendah kurang lebih 24,10. Elevasi tanggul kurang lebih 32,70 dan lebar tanggul atas 6 M. panjang bendungan 3.300 M. Yang bertempat di Desa situraja kecamatan gantar kabupaten indramayu.

Ini mungkin warga Indramayu bagian barat perlu tahu, karena setiap jam 14.00 sampai jam 17.00 wib banyak masyarakat, remaja, anak anak, keluarga sampai dengan aparatur pemerintah mengujungi tempat tersebut, sambil selvi, mancing, menjala dan nongkrong bareng di tepi tanggul waduk cipancuh ini.

Ketika panturapos mengunjungi dan lansung konfirmasi ke pada masyarakat, warga dan pengunjung. tentang waduk cipancuh, komentar mereka tentang waduk cipancuh tersebut, "suasananya nyaman dan sejuk di kalau waktu matahari mulai mau tengelam. Dan suasananya pun begituh indah dan takjub dikalau kita resapi dilihat oleh mata kita. Apa lagi kalau di bikin tempat wisata,"pastinya ramai, ujar salah seorang warga pengunjung waduk Cipancuh.

Dan tidak hanya itu saja,  di suasana waduk cipancuh juga suasananya sama seperti di tempat wisata lainya, walau sebetulnya tempat tersebut bukan tempat wisata. Perbedaanya kalau tempat wisata harus bayar tapi di sini gratis. Dan tidak menguras pengeluaran kita, paling hanya sekedar jajan.

Dan konon katanya di balik keindahan waduk cipancuh juga, banyak hal – hal mistis yang masyarakat sekitar tidak bisa di pungkiri tentang waduk cipancuh ini.

Menurut penuturan salah seorang warga,  kalau setiap banjir di waduk tersebut,  akan memakan korban atau wadal (Bahasa Jawa). Korbanya kadang bisa anak-anak remaja atau anak yang masih balita. (Anjar)



loading...

#Tags

Blogger
Disqus

No comments