Tolong Disimak, Fatwa MUI Bukan Rujukan Penegakan Hukum

JAKARTA - KAPOLRI Jenderal Polisi Tito Karnavian mengatakan telah memerintahkan Polres kota Bekasi dan Kulonprogo, Jawa Tengah untuk segera mencabut surat edaran berkenaan dengan larangan pimpinan perusahaan karyawan muslim menggunakan atribut Natal. Kedua Polres tersebut mengeluarkan surat edaran itu berdasarkan fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI).

"Saya tegur keras mereka karena tidak boleh mengeluarkan surat edaran yang mereferensikan kepada fatwa MUI, sekali lagi fatwa MUI bukan merupakan rujukan hukum positif dalam sistem hukum kita. Itu sifatnya hanya untuk koordinasi, bukan menjadi rujukan kita menegakan hukum," ujar Kapolri seusai menghadiri acara Merajut Kebangsaan di Kampus Universitas Negeri Jakarta, Senin (19/12).

"Jadi langkah-langkahnnya koordinasi, bukan mengeluarkan edaran yang kemudian bisa jadi produk hukum bagi semua pihak. Saya suruh cabut," imbuhnya.

Selanjutnya Kapolri juga akan berkoordinasi dengan MUI.

"Saya akan koordinasi dengan MUI supaya dalam mengeluarkan fatwa tolong dipertimbangkan masalah toleransi dan kebinekaan," pungkas dia.
(mediaindonesia)



loading...

#Tags

Blogger
Disqus

No comments