Ternyata...Durian Menyimpan 10 Manfaat Untuk Kesehatan

PANTURAPOS  - Aromanya yang tajam, membuat durian yang mendapat julukan 'Rajanya Buah' ini dijauhi beberapa orang. Jangankan mencicipi buahnya, mencium aromanya saja sudah membuat mereka mual bahkan muntah.

Meski demikian buah dengan cita rasa legit ini tetap memiliki banyak penggemar. Seperti di saat musim durian sekarang, banyak orang berbondong-bondong untuk membelinya.

Meski begitu dicintai oleh penggemarnya, durian tak lepas dari risiko yang mengintai. Mereka yang berlebihan mengonsumsinya dapat menyebabkan gejala nyeri kepala, sensasi panas di sekitar leher hingga perlemakan hati.

Tapi tahukah Anda bahwa buah berkulit duri ini juga menyimpan berbagai manfaat kesehatan? Dilansir dari laman LifeHack, berikut sepuluh manfaat durian yang tak pernah terpikirkan oleh Anda sebelumnya.

1. Sumber energi
Satu porsi durian rata-rata memiliki berat sebesar 243 gram. Ukuran ini mencakup sekitar 20 persen dari kebutuhan harian Anda untuk karbohidrat. Itu sebabnya bagi mereka yang membutuhkan energi ekstra seperti atlet, buah durian bisa menjadi salah satu sumber energi tambahan.

2. Kaya akan serat
Salah satu manfaat dari durian yang perlu Anda tahu adalah kandungan seratnya yang tinggi. Satu porsi durian mengandung 9 gram serat atau setara dengan 37 persen dari kebutuhan harian Anda. Sehingga durian bisa jadi alternatif bagi Anda yang ingin memenuhi kebutuhan serat harian.

3. Tinggi lemak dan kalori
Satu porsi duria mengandung 350 kalori dan 13 gram lemak. Namun Anda tak perlu khawatir bahwa lemak di dalam durian cenderung lemak baik yang menyehatkan. Tapi tentu saja Anda harus membatasi diri untuk mengonsumsinya.

4. Buah durian kaya vitamin C
Vitamin C selama ini dianggap hanya terkandung dalam buah berwarna kuning seperti jeruk dan lemon. Tapi tahukah Anda bahwa buah durian juga tinggi vitamin C yang dapat membantu Anda melawan penyakit, menurunkan kolesterol dan memperlancar aliran darah.

5. Mengandung vitamin B
Vitamin B yang terdapat di dalam durian dapat meningkatkan produksi kolesterol baik dalam tubuh. Hal ini juga membantu Anda meningkatkan suasana hati dan mencegah depresi.

6. Tinggi zat besi dan tembaga
Durian juga kaya akan zat besi dan tembaga. Kedua kandungan ini diperlukan dalam pembentukan sel darah merah di dalam tubuh. Durian juga mengandung mangan yang membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi.

7. Kaya kalium
Kalium merupakan elektrolit yang berperan mengontrol tekanan darah, menjaga kadar natrium dan mengatur denyut jantung tetap stabil. Durian mengandung kalium dalam jumlah tinggi sehingga dapat memberikan manfaat menakjubkan.

8. Durian mengandung tryptophan
Tryptophan dikenal sebagai pil tidur alami. Pasalnya usai mengonsumsi makanan yang mengandung senyawa ini, bisa dipastikan Anda akan tidur dengan nyenyak setelahnya. Durian mengandung tryptophan yang secara alami dapat membuat tidur Anda lebih nyenyak.

9. Durian sumber yang baik dari thiamin
Tigapuluh persen dari kandungan seporsi durian adalah thiamin. Thiamin dapat membantu tubuh memetabolisme karbohidrat menjadi energi.

10. Kaya akan folat
Durian juga mengandung asam folat dalam jumlah yang tinggi. Seperti diketahui asam folat membantu dalam mencegah penyakit jantung, perkembangan janin dan meningkatkan fungsi otak.

Bagaimana, masih tak ingin mencicipi nikmatnya durian?


(suara.com)
.
loading...

#Tags

Blogger
Disqus

No comments