Tendangan Bayi Ini Menyeramkan, Kakinya Sampai Keluar dari Rahim

PANTURAPOS - Bayi yang menendang-nendang semasa dalam kandungan biasanya membuat orang tuanya bahagia. Namun tidak lagi menyenangkan saat kakinya sampai keluar dari uterus atau rahim.

Kasus langka ini dipublikasikan dalam sebuah laporan di The New England Journal of Medicine. Seorang perempuan 33 tahun hamil dan memiliki robekan 2,5 cm di dinding rahim, hingga sebagian dari ketuban dan bahkan kaki janin keluar dari tempatnya.

Sang ibu tidak mengalami gejala apapun sebelumnya. Kondisi yang mengejutkan para dokter ini baru terungkap saat dilakukan pemeriksaan ulrasonografi pada pekan ke-22 kehamilan.

Dr Pierre Emmanuel Bouet dari Angers University Hospital yang melaporkan kasus tersebut mengaku belum pernah mendapati kasus serupa sebelumnya. Ia menyebut kasus tersebut 'extremely rare' dan hanya tercatat sebanyak 26 kasus sepanjang sejarah.

Dipastikan, robekan di rahim pasien bukan terjadi akibat tendangan sang bayi. Menurut hasil penelusuran, pemicunya adalah riwayat pasien yang pernah melahirkan sesar sebanyak 5 kali sebelumnya. Dinding rahimnya melemah dan robekan terjadi di dekat lokasi sayatan pada operasi sesar yang terakhir.

Meski berisiko, sang ibu dan pasangannya memutuskan untuk tetap melanjutkan kehamilannya. Dikutip dari Livescience, Jumat (23/12/2016), robekan membesar hingga 5 cm pada pekan ke-30, dan bukan lagi hanya kaki si bayi yang keluar bersama ketuban melainkan juga perutnya.

Bayi berjenis kelamin laki-laki tersebut akhirnya dilahirkan lewat operasi sesar, dalam kondisi sehat. Usai persalinan, dokter memperbaiki rahim sang ibu. Pemeriksaan terakhir yang dilakukan 6 bulan setelah persalinan menunjukkan si ibu dan bayinya dalam kondisi sehat.

(detik.com)



loading...

#Tags

Blogger
Disqus

No comments