Breaking News

Sreeet...! Uang Ditarik Dari ATM, Saldo Tak Berkurang

BANDUNG  – Andi Fatelan, spesialis pembobol mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) asal Palembang Sumatera Selatan, ditangkap anggota Polres Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat.

Pelaku kepergok pegawai bank saat menguras uang ATM Bank Woori Saudara (BWS) Cabang Lembang di Jalan Grand Hotel Lembang, Bandung Barat.

Pegawai bank yang mengetahui aksi Andi lewat kamera CCTV, langsung beraksi. Dia mengunci bilik mesin ATM dari luar.

Sehingga petugas keamanan dengan mudah menahan dan menyerahkannya ke polisi.

Pelaku tergolong profesional dalam menjalankan aksinya. Sebab baru dua bulan beraksi,  sedikitnya sudah ada 30 mesin ATM.

Enam di antaranya ATM milik bank BWS yang tersebar di wilayah Bandung Raya berhasil dibobol dengan kerugian ditaksir mencapai Rp 30 juta.

Kapolsek Lembang Kompol Widarjo mengatakan, pelaku memanfaatkan kelemahan sistem ATM sehingga bisa menguras uang sampai puluhan juta rupiah.

”Pelaku ini sudah tahu titik lemah ATM, cara atau pola saat uang ini keluar sudah hapal,” ucap Widarjo, seperti diberitakan Bandung Ekspres (Jawa Pos Group).

Uang. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com
”Sekali tarik bisa mendapatkan uang rata-rata Rp 250 ribu, sesudah uang ditarik paksa, mesin ATM langsung rusak atau error,” imbuhnya.

Pelaku dengan cepat menarik uang tunai dari ATM tanpa harus mengurangi saldo jumlah uang di tabungannya. Menariknya, pelaku juga tanpa menggunakan alat.

Keterampilan itu dia dapatkan dari rekannya sesama orang Palembang yang kini sudah meringkuk di tahanan.

”Pelaku datang ke mesin ATM dan melakukan transaksi seperti biasa dengan kartu yang dibawanya,” tuturnya.

Saat mesin berputar mengeluarkan uang, lanjut dia, tangan tersangka itu bergerak cepat untuk menahan besi bibir ATM.

Meski transaksi gagal tapi uang tidak bisa kembali ke dalam mesin. Sehingga berulang-ulang kali menarik uang tunai pun.  Saldo pelaku dalam rekening bank tidak akan berkurang satu rupiah pun.

Widarjo mengatakan, sebelum lebih banyak lagi ATM dikelabui. Pelaku bisa lebih dulu bisa diamankan. Selain di Bank BWS, pelaku juga diketahui sering beraksi di berbagai bank nasional di sekitar Bandung.

”Pelaku ini berhasil diamankan saat melancarkan aksi terakhirnya pada Rabu (14/12) lalu dengan tanpa perlawanan,” ujarnya.

Novan Haryandono selaku Regional Bisnis Manager Bank BWS mengaku, pelaku berhasil membobol mesin ATM BWS sebanyak 6 kali. Selain di Lembang, dia juga beraksi di Jalan Antapani, Jalan Martadinata, Jalan Buah Batu dan Cimahi yang diketahui dari rekaman CCTV yang dipasang di ruang mesin ATM. ”Sistem keamanan akan kita ganti supaya lebih aman,” ujarnya.

Sementara itu, pelaku Andi mengaku uang yang dibobol dari mesin ATM digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Pasalnya, pekerjaannya sebagai kontaktor proyek sedang sepi.

”Untuk keperluan saya sehari-hari. Faktor ekonomi yang membuat saya berbuat seperti ini,” pungkasnya.

(jpnn)



loading...

No comments