Breaking News

Rupiah Desain Baru, Masuk Daftar Uang Terbaik di Dunia

JAKARTA – Uang rupiah emisi tahun 2016 yang baru diterbitkan Bank Indonesia masuk dalam daftar uang terbaik di dunia. Hal ini diungkapkan Gubernur BI, Agus DW Martowardojo.
“Salah satu yang terbaik di dunia,” kata Agus usai peluncuran uang rupiah emisi teranyar di kompleks BI, Jakarta, Senin 19 Desember 2016.

Dia menjelaskan uang rupiah masuk jajaran terbaik karena unsur pengaman yang bisa menangkal aksi pemalsuan. Dalam uang rupiah terbaru terdapat unsur pengaman seperti benang pengaman dan gambar recto verso.

Unsur pengamanan yang ditanam di uang rupiah ini bisa dilihat dengan kasat mata atau bisa dilihat dengan alat khusus.

Agus melanjutkan, jumlah unsur pengaman yang ada di rupiah bervariasi, mulai dari 9 unsur pengaman hingga 12 unsur pengaman. Yang paling banyak ada di uang kertas pecahan Rp100 ribu.
“Yang Rp100 ribu itu bisa punya 12 unsur pengaman, mulai dari color (warna), benang pengaman, dan lain-lain,” kata dia.

Sekadar informasi, satu set uang rupiah emisi 2016 ini resmi dirilis oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), didampingi oleh Gubernur BI, Agus Martowardojo, dan Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati. Satu set uang ini terdiri atas 7 uang kertas rupiah (pecahan Rp100 ribu, Rp50 ribu, Rp20 ribu, Rp10 ribu, Rp5 ribu, Rp2 ribu, dan Rp1.000), serta 4 uang logam rupiah (Rp1.000, Rp500, Rp200, dan Rp100).

Selain itu, Agus berpesan kepada masyarakat untuk menjaga dan merawat rupiah. Misalnya, tidak membasahi, mencorat-coret, melipat, bahkan menstaples uang kertas rupiah. Kebiasaan menjaga dan merawat uang rupiah harus ditanamkan sejak dini.

“Menjaga rupiah sama dengan menjaga simbol negara,” kata dia.


(Dream.co.id)
loading...

No comments