Breaking News

Ponsel Layar Lipat Diprediksi Muncul Tahun Depan

PANTURAPOS - Ponsel dengan layar yang bisa dilipat sepertinya akan meramaikan pasar gawai pada dua tahun mendatang. Etnews, Jumat (16/12/2016), menyebutkan beberapa perusahaan elektronik ternama akan berkolaborasi dalam mengembangkan layar lipat untuk ponsel.

Nantinya bukan hanya Samsung saja yang memegang kendali akan layar OLED. Apple, Google, dan Microsoft dilaporkan bermitra dengan LG dalam memproduksi panel OLED fleksibel. Lebih lanjut dikatakan bahwa layar yang bisa dilipat itu akan diproduksi massal mulai 2018.

Generasi baru perangkat Apple yang rumornya akan diluncurkan tahun depan bersamaan dengan perayaan 10 tahun iPhone juga akan menggunakan layar OLED. Ponsel itu kemungkinan diluncurkan pada November 2016.

Menurut Liputan6 (22/11), Apple juga telah mendapatkan paten untuk perangkat layar fleksibel atau layar lipat. Paten tersebut diperoleh dari Kantor Paten dan Merek Dagang AS dengan nomor 9.504.170.

Sementara itu, Samsung juga sedang berencana untuk membuat dua ponsel yang akan mengadopsi teknologi tersebut, yakni Galaxy S8 dan Galaxy Note 8 pada tahun depan. Demikian diwartakan Tech Times (17/12).

Perusahaan gawai asal Korea Selatan ini juga pernah dikabarkan sedang menyiapkan ponsel layar lipat layaknya dompet dan akan memulai debutnya pada 2017. Ponsel tersebut diberi nama Galaxy X. Bahkan Samsung akan langsung memberikan resolusi layar 4K dengan susunan subpiksel PenTile (dua subpiksel dalam satu piksel).

Rencananya, Galaxy X ini akan diperkenalkan pada kuartal pertama tahun 2017, tepatnya pada ajang Mobile World Congress (MWC) 2017 dan CES 2017 yang akan berlangsung dari 27 Februari hingga 2 Maret 2017 di Barcelona, Spanyol. Demikian dinukil Gamenguide (15/12).

Tidak seperti Samsung yang mengembangkan usahanya mandiri melalui Samsung Electronics Wireless Business Department, LG justru mengembangkan layar yang bisa dilipatnya bersama perusahaan luar seperti Apple, Google, dan Microsoft.

Sebenarnya, ini bukan kali pertamanya LG Display bermitra dengan beberapa perusahaan untuk mengembangkan layar lipat atau layar fleksibel. Sudah sejak tahun lalu LG Display memperkenalkan unit purwarupa dari layar fleksibel tersebut, namun saat itu belum diketahui kapan layar tersebut akan diproduksi massal.

Konsep layar lipat dari LG bahkan sudah ada sebelum layar lengkung yang digunakan G Flex dan G Flex 2. Nantinya, teknologi ini juga bakal dikembangkan dalam bentuk layar yang ramah daya dan menghasilkan warna yang jauh lebih cerah.

Meski begitu, analis berspekulasi Samsung kemungkinan akan unggul dalam perang layar lipat nanti karena dianggap lebih berpengalaman perihal bisnis layar fleksibel, termasuk bagaimana produksi massal dari layar fleksibel tersebut.


(Beritategar.id)
loading...

No comments