Jadikan Air Kelapa Sahabat Selama Kehamilan

JAKARTA  - Wanita hamil membutuhkan makanan tepat untuk memenuhi kebutuhan gizi. Makanan yang bermanfaat bagi kesehatan ibu dan bayi antara lain air kelapa.

Minum air kelapa selama kehamilan dapat meningkatkan asupan cairan dan elektrolit dalam tubuh yang diperlukan setiap hari. Cara ini membantu tubuh tetap terhidrasi. Air kelapa kaya elektrolit, klorida, magnesium, kalsium, riboflavin, vitamin C, dan serat makanan. Tak hanya itu, air kelapa juga mengandung gula, natrium, dan protein.

Mengkonsumsi air kelapa pada trimester pertama kehamilan membantu mengatasi morning sickness dan sembelit, mencegah dehidrasi, meningkatkan kekebalan, mengurangi kelelahan, serta membantu mengisi asupan garam yang hilang dalam tubuh. Hal itu untuk membangun kekebalan, mencegah infeksi saluran kemih, dan menurunkan tekanan darah tinggi.

Berikut ini beberapa manfaat lain air kelapa selama kehamilan, seperti dilansir laman Boldsky.

1. Menambah asupan cairan yang dibutuhkan tubuh
Tubuh wanita hamil membutuhkan lebih banyak cairan untuk mengisi kebutuhan bayi dalam rahim. Air kelapa menyediakan tingkat cairan tambahan yang dibutuhkan tubuh. Hal ini juga membantu meningkatkan volume darah dalam tubuh.

2. Meningkatkan elektrolit agar tubuh terhidrasi
Wanita hamil membutuhkan banyak elektrolit selain air untuk membantu tubuh tetap terhidrasi. Air kelapa mengandung natrium, kalsium, dan kalium yang dibutuhkan tubuh serta membantu mempertahankan tingkat cairan dalam tubuh.

3. Mencegah hipertensi
Banyak wanita menderita hipertensi selama kehamilan, dan itu dapat menyebabkan masalah kesehatan pada ibu dan jabang bayi. Mengkonsumsi air kelapa dapat memberi efek relaksasi pada hipertensi dan menjaga tekanan darah.

4. Menjaga berat badan
Air kelapa tidak mengandung lemak dan kolesterol, jadi tidak berisiko menambah berat badan. Minum air kelapa setiap hari justru membantu menjaga berat badan, terutama selama kehamilan.


(tempo.co)
loading...

#Tags

Blogger
Disqus

No comments