Gerakan Penghijauan, Warga Tanam Pohon Serentak di Bugis Tua

INDRAMAYU – Pemerintah Desa Bugis Tua, Kecamatan Anjatan, Kabupaten Indramayu, mengadakan gerakan penghijauan dengan melakukan penanaman bibit tanaman secara serentak.

Gerakan penghijauan ini dilakukan dalam rangka penyelenggaraan pekan bangun desa yang dilaksanakan oleh LSM Masyarakat Indonesia Membangun (MIM) Provinsi Jawa Barat.

Aksi tanam serempak diawali dengan penanaman bibit pohon oleh Kuwu Desa Bugis Tua, Muhammad Asep beserta jajaran pengurus MIM di halaman kantor Desa Bugis Tua.

“Kita gandeng MIM untuk menghijaukan desa. Kami sampaikan terima kasih kepada teman-teman MIM yang telah ikut peduli melakukan upaya rehabilitasi lingkungan di Desa Bugis Tua,” ujar Kuwu Muhammad Asep.

Menurut dia, gerakan penanaman ini berguna untuk penghijauan sekaligus meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pelestarian lingkungan. Apalagi, Desa Bugis Tua merupakan salah satu wilayah yang minim penyerapan air sehingga kerap diterjang musibah banjir saat musim penghujan.

Selain itu, fungsi pohon dalam kehidupan manusia tidak hanya sebagai paru paru tetapi juga berperan sebagai penyangga kehidupan sekaligus menyediakan hasil kayu, ketersediaan air, sumber energi. Termasuk penghasil oksigen, rekreasi dan konservasi keanekaragaman hayati.

“Insya Allah, dalam beberapa tahun ke depan, Desa Bugis Tua akan lebih hijau, asri dan sehat,” harapnya.


(radarcirebon.com)
loading...

#Tags

Blogger
Disqus

No comments