Breaking News

Aneh Tapi Nyata, Makam di TPU Ki Doglong Patrol Menghadap Dua Arah

INDRAMAYU  – Sepintas tidak ada yang aneh dengan kondisi makam yang berada di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Ki Buyut  Doglong, Desa Limpas, Kecamatan Patrol. Tapi jika dicermati dengan teliti, ada yang unik di tempat peristirahatan terakhir umat manusia itu. Pasalnya, arah makam yang telah permananen maupun belum permanen di kuburan seluas sekitar 1,5 hakter tersebut tampak berbeda, saling berlawanan.

Sebagian makam mengarah utara dan selatan, tapi sebagian lainnya membujur dari barat ke timur. Padahal umumnya, kuburan orang Islam mengarah utara ke selatan.

Kuwu Limpas, Tato didampingi kuncen atau penjaga makam TPU Kibuyut Doglong, Takyad membenarkannya. Seingat keduanya, kondisi itu sudah terjadi sejak puluhan tahun lalu. Banyaknya makam yang menghadap barat ke timur tersebut disebabkan karena mengikuti makam-makam terdahulu. “Jadi kalau yang dikuburnya di makam yang sudah lama, ya ngikutin arah makam di sampingnya,” ungkap Kuwu Tato.

Namun demikian, setelah tokoh ulama setempat turun tangan, arah makam selanjutnya mengikuti aturan agama Islam yakni mengarah utara ke selatan. Sedangkan makam yang sudah terlanjur salah posisi, masih tetap dibiarkan. Pihak keluarga dari jasad yang dikubur juga belum ada yang melakukan perbaikan arah.

Kuncen Takyad mengaku belum mendata secara pasti jumlah seluruh makam di TPU Kibuyut Doglong. Termasuk makam-makam yang arahnya berbeda-beda. Selain menjadi tempat pemakaman umum, di lokasi yang sama juga terdapat areal makam milik pribadi warga setempat.


RADARCIREBON.COM
loading...

No comments