Ahok: Sumarsono Lagaknya Udah Kayak Gubernur DKI

JAKARTA  - Gubernur DKI Jakarta nonaktif Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok menilai Sumarsono seperti sudah berkuasa penuh di Jakarta meski dengan jabatannya sebagai Pelaksana tugas (Plt).

Ahok mencontohkan kebijakannya merombak 1.060 jabatan struktural di Pemprov DKI. "Mana ada dia bersurat ke saya gitu loh. Mana boleh bersurat ke saya. Orang dia udah kayak gubernur kok. Saya kira beliau itu udah enggak dipanggil Plt gubernur tapi dipanggil gubernur," kata Ahok di Rumah Lembang, Menteng, hari ini.

Sumarsono menghilangkan 1.060 jabatan di satuan kerja perangkat daerah (SKPD) Pemerintah Provinsi DKI. Kebijakan itu sudah disepakati DPRD DKI Jakarta dan sudah disahkan dalam peraturan daerah (Perda). Susunan kepegawaian baru ini mulai berlaku tahun 2017.

Menurut Sumarsono, dalam susunan pemerintah jumlah peserta semestinya lebih banyak daripada penyelenggara. Menurutnya, efisiensi ini akan berjalan normal tanpa mengganggu kinerja Pemerintah DKI dalam susunan sebelumnya.

Ahok berpendapat, sesuai dengan amanat Undang-Undang Dasar 1945 kebijakan apapun harus diputuskan Gubernur definitif yang sah dipilih rakyat. Bahkan, Wakil Gubernur pun hanya bertugas untuk membantu dan mendukung kerja Gubernur.

"Jadi saya enggak ngerti secara bahasa kenapa dikasih Plt kalau kekuasaannya persis gubernur? Gubernur aja sekalian. Kalau mau ngomong ngelanggar Undang-Undang, gubernur aja sekalian ya kan," ungkapnya.


(rimanews)
loading...

#Tags

Blogger
Disqus

No comments