Breaking News

Ada Cerita Apa, di Balik Gambar Ayam Jago Pada Mangkuk?

PANTURAPOS - Buat kamu yang hobi makan mie ayam, bakso, atau soto di warung pinggir jalan, barangkali kamu sudah familiar dengan gambar ayam jago eksentrik dengan tambahan gambar tanaman atau bunga merekah di sampingnya.

Lalu pernahkah terlintas di pikiran, mengapa semua pedagang makanan menggunakan gambar mangkuk yang sama? Memangnya tidak ada mangkuk dengan gambar kelinci, bebek, atau mungkin sapi? Ternyata gambar ayam itu bukan sembarang gambar, lho! Yuk perkaya infonya.

Asal Muasal Mangkuk Ini
Mari ketahui dulu tempat asal si mangkuk legendaris ini. Sebenarnya dari motif gambarnya saja sudah bisa ditebak kalau mangkuk berdiameter atas 16,5 cm, diameter bawah 9 cm, dan tinggi 6 cm ini diimpor dari Negara Tirai Bambu, Cina.

Dan kemungkinan besar mangkok ini masuk ke Indonesia melalui proses perdagangan. Meskipun begitu, ada juga sumber yang mengatakan kalau mangkuk ini berasal dari Thailand atau juga India. Tidak terlalu penting asalnya dari mana, yang penting makanan di atas mangkuk ini harus enak!

Ayam Melambangkan Kemakmuran
Gambar ayam pada mangkuk ini dicetak bukan tanpa alasan, lho. Menurut filosofi masyarakat Cina, ayam jago merupakan simbol kemakmuran, atau dikaitkan dengan kelancaran rezeki. Mungkin penjual makanan berharap selalu banyak rezeki dengan gambar itu ya!

Tak Hanya Disebar di Indonesia
Saking terkenalnya, mangkuk ayam jago sudah go internasional duluan ketimbang Agnez Mo. Kalau kamu pemerhati tren, pasti sudah tak asing sama berita yang sempat heboh beberapa waktu lalu, di mana ada penyanyi Hollywood yang mengenakan baju khas mangkuk ayam dan gambar makanan khas serba Indonesia lainnya! Selain itu ada juga film dari luar yang memperlihatkan mangkuk ini, seperti film lawas “Kungfu Hustle”. Mari acungi jempol!

.
loading...

No comments