10 Tanda Orang Sok Pintar yang Sebenarnya Gak Tahu Apa-apa

PANTURAPOS - Meskipun seolah-olah bisa menjawab semua pertanyaan, jawabannya terasa kosong alias tidak ada artinya atau terdengar ngasal. Yup, orang-orang itu sering disindir dengan “Mr/Mrs Know It All” alias sok pintar.

Mungkin mereka sebenarnya tidak paham apa-apa, namun ingin dianggap pintar di hadapan orang lain. Nah penasaran apa tanda-tandanya? Berikut 10 tanda orang bodoh yang sok pintar!

1.       Tanda orang sok pintar adalah suka sibuk sendiri untuk hal-hal yang gak penting.

Orang yang sok pintar cenderung terlihat sok sibuk. Ia sebenarnya tidak punya kegiatan apa pun. Namun karena ingin terlihat bahwa kepintarannya diperlukan di banyak tempat, dia sering membuat dirinya terlihat sibuk. Mondar-mandir meskipun kegiatannya sebenarnya kosong.

2.       Sudah pasti, orang yang sok pintar gemar meremehkan orang lain.

Setiap orang punya kelebihan dan kekurangan. Orang yang sok pintar, sulit untuk melihat kelebihan orang lain. Ia menganggap dirinya jauh lebih pintar daripada orang lain. Akhirnya cenderung gemar meremehkan orang lain.

3.       Orang yang sok pintar gampang marah ketika dikritik.

Orang yang sok pintar itu cenderung suka merasa benar sendiri. Ia tidak bisa menerima perbedaan yang ada. Ketika dikritik, orang yang sok pintar akan marah. Mereka merasa marah ketika dikritik oleh orang yang mereka anggap lebih “bodoh”.

4.       Alih-alih punya pendapat sendiri, orang sok pintar suka mencatut kata-kata orang.

Orang sok pintar sebenarnya tidak punya pemikiran tersendiri. Dia lebih gemar mencatut kata-kata orang yang sudah terkenal agar ikut terlihat hebat. Kalau ada teman kamu yang terlihat pintar, coba tanyakan pendapatnya tentang sebuah peristiwa. Kalau ia hanya mengekor pendapat orang, kemungkinan besar teman kamu sedang melancarkan aksi “sok pintar”.

5.       Selalu ingin dipuji adalah tanda orang sok pintar.

Puji-pujian itu sebenarnya hanya pantas untuk Tuhan semata. Soalnya semua kelebihan di dunia hanya milik Tuhan. Orang yang sok pintar menganggap bahwa kelebihan-kelebihan itu adalah miliknya sehingga selalu ingin dipuji.

6.       Orang yang sebenarnya gak pintar itu justru suka ngomong terus meski tidak ditanya.

Orang yang sok pintar, ingin selalu dipuji. Karena itu ia selalu berbicara untuk menunjukkan kepintarannya. Tanpa kamu tanya pun, ia akan terus nyerocos tanpa henti meskipun omongannya tidak berisi.

7.       Tidak mau kalah dan enggan membuka pikiran adalah ciri orang yang sok pintar.

Orang yang sok pintar itu, tidak mau kalah. Pokoknya ngotot terus untuk menunjukkan dia yang paling benar. Padahal sebenarnya dia hanya takut dikalahkan oleh pendapat orang.

8.       Orang yang sok pintar sering tidak mau mengakui ketidaktahuannya.

Namanya juga orang sok tahu. Pasti selalu ingin terlihat mengetahui segala hal. Dia bakal malu kalau sampai tidak mengetahui sesuatu. Mungkin ingin dianggap seperti Google berjalan kali ya.

9.       Kalau diamati lebih dalam, orang sok pintar pekerjaannya hanya membual

Orang yang benar-benar pintar, kalau berbicara didasarkan pada fakta atau pengalaman nyata. Sementara kalau orang yang sok pintar, kalau berbicara ngasal. Kemana-mana kerjaannya membual.

10.   Orang sok pintar itu tidak suka mendengarkan orang lain.

Sudah jadi rumus, orang yang tahu banyak hal cenderung merasa makin banyak yang dia tidak tahu. Karena merasa tidak tahu, ia terus ingin belajar dan mencari hal-hal baru. Orang yang tahu banyak cenderung suka mendengarkan orang lain untuk mendapatkan hal-hal baru tersebut.

Sementara itu, orang sok tahu malah merasa sudah cukup ilmu. Karena itu orang yang sok tahu tidak suka mendengarkan orang lain.
Nah, pastikan kamu bukan salah satunya ya!


(idntimes.com)
loading...

#Tags

Blogger
Disqus

No comments