Breaking News

Gapura Kantor Kuwu Bugel, Mirip Gapura Keraton Kanoman

INDRAMAYU - Gapura adalah suatu struktur yang merupakan pintu masuk atau pintu gerbang yang juga sering diartikan dalam bidang arsitektur disebut dengan Entrance simbol yang dimaksud bisa juga diartikan Ikon suatu wilayah atau area secara hierarki, gapura tersebut menjadi komponen pertama yang kita lihat ketika kita memasuki suatu wilayah.

Disuatu Desa tepatnya di Kab. Indramayu Kec. Patrol yaitu Desa Bugelyang dipimpin oleh Kuwu Ansori yang merupakan juga sebagai pencetus ide kreatif demi melestarikan budaya leluhur adat istiadat maka dibangunlah suatu Gapura atau pintu masuk yang menuju Balai Desa (Kantor Desa) Bugel.

Menurut keterangan beberapa warga yang dihimpun Wartawan Pantura Pos beberapa hari yang lalu “Kami sangat bangga dengan dibangunnya Gapura di Balai Desa Bugel ini karena mungkin di Kec. Patrol ataupun di Kab. Indramayu salah satunya yang memiliki Gapura yang mirip dengan Gapura Keraton Kanoman Cirebon, jadi kami sebagai warga masyarakat Desa Bugel sangat berterima kasih kepada Kuwu Ansori yang sudah melestarikan kultur budaya ini”. Ungkap beberapa warga.

Saat dikonfirmasi di Kantor Desanya 07/11/16 Kuwu Ansori menjelaskan “Kami sudah berkoordinasi dengan pihak – pihak terkait dan kami juga sudah mendapat izin atau respon dari Pihak Keraton Kanoman Cirebon, kebetulan saya sendiri masih ada Trah Keturunan dari Keraton Kanoman (Senopati Kanoman) dan pembangunan gapura tersebut menghabiskan dana ± Rp. 70.000.000.

Adapun dana tersebut diambil dari Anggaran Pendapatan Asli Desa (PAD) dan untuk batu bata saya beli dari Purwakarta  dan Mahkota Gapura saya beli dari Rajagaluh Majalengka, mudah – mudahan ide kreatif saya ini mendapat respon dari semua kalangan dan masyarakat pada umumnya.


Dan kami juga sebagai Kuwu/Kepala Desa akan memperjuangkan untuk kedepannya Insya Allah akan merealisasikan jalan poros Desa, karena dengan infrastruktur jalan poros Desa yang sudah bagus (Betonisasi/Hotmix) maka sistem roda perekonomian akan bertambah maju, dan mudah – mudahan Pemerintah akan merespon dan merealisasikan aspirasi masyarakat Desa Bugel ini”. Tuturnya. (SUWARTO)
loading...

No comments