Desa Bugel Gelar Tradisi Sedekah Bumi

INDRAMAYU - Sedekah bumi adalah suatu acara adat yang melambangkan rasa syukur manusia terhadap Tuhan Yang Maha Esa, yang telah memberikan rizki melalui bentuk segala hasil bumi. Tetapi ada yang unik dalam acara ritual Sedekah Bumi yang diadakan di Desa Bugel Kecamatan Patrol Kabupaten Indramayu.

Pasalnya acara transisi adat sedekah bumi tersebut dilakukan dari Kantor Desa Bugel sampai ujung Desa Bugel atau tepatnya di Dusun Plawad, diarak Tumpeng Nasi Kuning dan hasil bumi lainnya setinggi 1 m dengan dikawal ratusan masyarakat Desa setempat termasuk pihak MUSPIKA Kecamatan Patrol dengan diiringi Drumband dari MTs Ma’arif Bugel An-Nur.

Sehingga menambah meriah dalam acara Sedekah Bumi tersebut, dan yang lebih meriah lagi dengan diadakannya Pagelaran Wayang Kulit semalam suntuk dengan Ki Dalang Anom Arsono dari Cipedang Jubleg Kecamatan Kroya.

Menurut beberapa warga saat dikonfirmasi awak media online Pantura Pos 23/11/16,  “Kami atas nama masyarakat Desa Bugel sangat berterima kasih kepada Kuwu Ansori dan MUSPIKA Kecamatan Patrol karena adat Sedekah Bumi ini harus dilestarikan karena ini merupakan warisan budaya adat leluhur yang perlu dijaga jangan sampai budaya adat ini kalah dengan masuknya budaya – budaya barat yang merusak moral generasi bangsa, kami sebagai warga masyarakat sangat mendukung acara sedekah bumi tersebut”. Ungkap beberapa warga.

Hal senaa diungkapkan Kuwu Ansori 23/11/16,  “Kami atas nama Pemerintah Desa Bugel mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang turut mendukung dalam acara tradisi sedekah bumi ini.


Dan kami juga mengucapkan banyak terima kasih kepada Perangkat Desa dan Pihak Kecamatan beserta jajarannya termasuk juga ucapan terima kasih kepada Kapolsek Patrol Kompol Ginting Sumantri, SH beserta anggotanya yang turut serta demi terlaksananya acara tradisi adat sedekah bumi ini, semoga acara adat sedekah bumi ini terus dilestarikan sepanjang zaman”. Katanya. (SUWARTO)   
loading...

#Tags

Blogger
Disqus

No comments