Sungai Legok Mendesak Dilakukan Pengerukan


INDRAMAYU -  Kali Legok yang terletak di Desa Sukahaji, Kecamatan Patrol, Kabupaten Indramayu. Saat ini kondisinya sudah mengalami sendimentasi (Pendangkalan,red), untuk itu harus segera adanya upaya normalisasi.

Pasalnya, dengan kedalaman sekitar kurang dari satu meter, kali legok di saat musim hujan sekarang ini di khawatirkan kapasitas daya tampung kali tersebut tidak akan mampu menampung ribuan kubik air hujan,  imbasnya akan terjadi banjir yang merendam pemukiman penduduk serta areal persawahan di lokasi tersebut.

" Berbagai upaya sudah kami lakukan untuk menormalisasi kali legok. Dari pengajuan beberapa proposal ke Pemkab melalui dinas terkait, sampai mengajukan peminjaman bekho ke salah satu perusahaan elpiji di wilayah kami (Desa Sukahaji, red), tapi semuanya mentok tidak berhasil.

Kami berharap, segera ada perhatian serius dari dinas terkait  tentang permasalahan ini " ucap Kuwu Desa Sukahaji, H. Mukhrowi kepada Pantura pos belum lama ini.

Di kemukakan dia lebih lanjut, sejatinya upaya normalisasi kali legok harus segera di lakukan, supaya di saat musim hujan tiba,  limpasan air akibat hujan tidak sampai meluber dan merendam areal persawahan juga pemukiman warga.

" Sekitar 300 Hektare areal persawahan yang terletak di Blok Lamis, Tonjong, Tegal petean. Merupakan areal persawahan yang terdapat di tiga desa, yaitu Desa Sukahaji, Eretan kulon dan Bugel.

Kalau belum ada upaya normalisasi kali legok, kami khawatir areal persawahan di ketiga desa tersebut akan terendam banjir.

Mudah-mudahan saja, Pemkab dan dinas terkait segera merespon keluhan kami " harap dia. ( Mansur Kurdi )
loading...

#Tags

Blogger
Disqus

No comments