Ratusan Kades Subang Ikuti Bintek

SUBANG - Meningkatnya wawasan dan pengetahuan tentang pengelolaan manajemen pemerintahan desa, akan berdampak pada kualitas pelayanan publik di tingkat desa.

Oleh sebab itu, Assda I Bidang Pemerintahan menyelenggarakan pelatihan aparatur pemerintahan desa tentang manajemen pemerintahan desa yang diikuti oleh ratusan Kepala Desa dan Ketua BPD-nya.

Kasubag Pemdes, Dadan Dwiyana menyatakan, ini adalah bagian dari program peningkatan kapasitas perangkat desa dari segi pengelolaan manajemen pemerintahan desa secara umum.

Narasumber pelatihan kali ini berasal dari Bappeda dan Inspektorat Daerah. Bappeda menyampaikan materi perencanaan pembangunan desa, sedangkan Inspektorat Daerah memberikan pengetahuan seputar teknis pelaporan dan pertanggungjawaban pelaksanaan kegiatan pembangunan oleh Pemdes dan BPD.

” Kita ingin membangun paradigma bagaimana sinergitas Kades dan BPD untuk bersama merencanakan pembangunan di desa demi kemajuan desa dan masyarakatnya,” ujar Dadan.

Di lain pihak, Ketua BPD Desa Gunung Sembung, H. Yaman yang ikut dalam pelatihan menuturkan, bahwa amatlah penting bagaimana membangun paradigma baru dalam manajemen pemerintahan desa secara baik, terarah, dan terukur.

Yang tak kalah penting juga adalah membangun sebuah sinergitas antar lembaga desa. Kades sebagai top manajer, BPD sebagai pengawas, dan lembaga perwakilan masyarakat desa serta LPM sebagai pelaksana pembangunan berjalan seiring.

” Ini adalah impian yang harus diwujudkan, egosentris harus dihilangkan dan merujuk kepada tupoksinya masing-masing sehingga penyelenggaraan roda pemerintahan desa berjalan semestinya,”pungkasnya.(Sumber Pasundan Ekspres)
loading...

#Tags

Blogger
Disqus

2 comments

ingin wujudkan impian anda , raih kesempatan dan menangkan ratusan juta rupiah hanya di ionqq,silakan invite
pin bb#58ab14

Balas

Untuk mempermudah kamu bermain guys ajoqq menghadirkan 7 permainan hanya dalam 1 ID 1 APLIKASI guys,,,
dimana lagi kalau bukan di ajoqq,,, Pin BB: 58cd292c

Balas