Indramayu


Cirebon


Subang


Home » , » SMPN 1 Anjatan, Sosialisasikan Program WJLRC

SMPN 1 Anjatan, Sosialisasikan Program WJLRC

INDRAMAYU - Dalam Upaya menumbuh kembangkan budaya baca, Gubernur jawa barat pada tahun 2014  mencetuskan gagasan, West Java Leader’s Reading Challenge ( WJLRC )Harapannya untuk meningkatkan minat baca, yang di tujuhan kepada seluruh elemen bangsa,agar bangsa ini menjadi bangsa yang cerdas ,seperti  yang sudah diterapkan di setiap kantor desa,di seluruh provinsi Jawa barat, sudah ada ruang  pojok  baca , sumber buku- bukunya di peroleh  dari bantuan gubernur jawa barat.Dan tentunya untuk para leadership seperti ,kepala desa,kepala dinas,camat, bupati, gubernur bahkan presiden . karena membaca adalah kunci mencari ilmu. 
 
Ciptono  spd yang mewakili kepala sekolah SMPN 1 Anjatan Kec.Anjatan Kab. Indramayu Prov. Jawa barat ketika dikonfirmasi oleh awak media Panturapos, menuturkan” Pada hari ( 13/8)sedang di laksanakan kegiatan sosialisasi WJLRC DAN Gerakan Literasi sekolah( GLS ) yang pesertanya melibatKan seluruh siswa-siswi di sekolah ini . 

Kami pihak sekolah selalu mendukung  program –program tersebut , baik dari kemendikbud maupun dari pem prov,dan program ini merupakan terobosan di dunia pendidikan,  untuk mendorong  anak didik kami,  dalam meningkatkan  minat baca, mendengar,menulis sehingga bisa juga untuk meningkatkan keterampilan  berdiskusi , dalam komunitas sekolah  dan keluarga, sehingga perlu  adanya dukungan dari pihak orang tua siswa karena tanpa dukungan dari mereka hasilnya kurang baik.

Sebab di sekolah punya keterbatasan waktu.,ciptono menambahkan “ Mengenai sistim  kegiatanya saya serahkan ke guru  masing –masing pendamping, sebagai motivator ,bertanggung jawab merekam kemajuan para peserta, untuk memotivasi,mengevaluasi dan melaporkan kegiatan tersebut.” Tuturnya.

Sementara  menurut Tosikin Spd selaku guru/ pendamping di sekolah tersebut  memaparkan “untuk program  gerakan literasi sekolah (GLS)program nasional  sudah diterapkan semenjak penerimaan siswa baru , sedangkan untuk program West Java Leader’s Reading Challenge ( WJLRC )baru minggu ini di terapkanuntuk kegiatanya,seperti biasa sebelum belajar ke materi pokok pelajaran, dianjurkan 5 menit untuk membaca alquran,5 menit  di lanjutkan menyayi bersama,  lagu indonesia raya, setelah itu diberikan waktu 15 menit untuk kegiatan literasi,artinya anak di kasih bacaan, yang sifatnya cerita / dongeng.

Setelah selesai membaca harapannya siswa bisa merangkum dan menjelaskan ke yang lainnya isi dari apa yang pernah di bacanya, dan untuk penilaiannya tidak di masukan ke nilai akademis,tapi untuk menguji kemampuan siswa dalam  penampilan dan keterampilan berfikir dan mencari bakat dari siswa  menjadi seorang leader’s.dan tentunya kamipun sebagai pendamping ikut juga  membaca.

Dan tugas kami  sebagai pendamping,agar memberi laporan sebulan sekali / tri wulan,yang nantinya akan di bentuk tim oleh pendamping karena 10 bulan targetnya 24 buku yang sudah di baca sama siswa, dan harapanya orang tua siswajuga bisa memotivasi kegiatan ini. Dan insya allah nanti akan di buat pojok warung baca di setiap kelas .”jelasnya.
 
Pada saat yang berbeda salah satu siswa kelas tujuh  yang  bernama Bima bintang samudra dengan kebanggaannya, menyampaikan ke RB “ Saya sekolah di sini  atas kemauannya sendiri dan di dukung orang tua saya,saya masuk sekolah ini tidak semudah apa yang di bayangkan, tentunya harus di dukung dengan nilai –nilai yang memenuhi syarat standar  sekolah ini.

Mengingat sekolah ini mempunyai  kedisiplinan  yang tinggi , dan memiliki guru yang baik,seingga sangat menunjang bagi saya untuk  menjadi siswa yang baik ,harapan saya tentunya menjadi seorang anak yang bisa membagakan kedua orang tua saya. Katanya. (Casita)

1 komentar:

  1. ayo menang kan ratusan juta rupiah di ion-QQ| tunggu apa lagi gan , segera daftar kan diri anda di Ionqq|pin bb : 58ab14f5

    ReplyDelete