Desa Majasari Ingin Wujudkan Klaster Usaha Berbasis Peternakan

INDRAMAYU – Sudah menjadi juara pertama lomba desa tingkat nasional tidak membuat Kuwu Majasari Wartono berpuas diri. Wartono masih ingin memiliki kluster usaha berbasis peternakan dan pertanian.

Untuk mecapai itu, Pemdes Majasari menggandeng Yayasan Anak Nusantara (Antara) dan Balai Besar Peningkatan Produktivitas Kementerian Tenaga Kerja Republik Indonesia.

Menurutnya, kluster usaha ini perlu dibangun untuk memaksimalkan potensi desa dan juga meningkatkan perekonomian masyarakat. Potensi pertanian dan peternakan yang saat ini sudah berkembang harus dimaksimalkan dengan baik.

Misalnya saja, untuk sektor peternakan, daging sapi tidak dijual begitu saja. Tetapi juga diolah menjadi produk yang lebih bernilai ekonomis.

“Kami ingin mencetak wirausaha baru yang produktif. Sehingga masyarakat Majasari ini lebih produktif dan mampu menghasilkan produk yang meledak di pasaran,” jelasnya.

Untuk sektor pertanian dan perkebunan, masyarakat diolah untuk membuat makanan dengan hasil-hasil kebun. Sementara para ibu di Desa Majasari juga dilatih untuk membuat kerajinan tangan dalam bentuk rajutan.

Sehingga ke depan masyarakat Majasari menjadi lebih mandiri. “Kluster ekonomi ini nantinya akan berisi produk-produk olahan dari warga,” jelasnya. (Sumber Radar Cirebon)
Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.

Recent Post