Air Waduk Cipancuh Habis, Ini Solusi Petani

INDRAMAYU – Menjelang habisnya air Waduk Cipancuh di Desa Situraja, Kecamatan Gantar, Kabupaten Indramayu, para petani mulai melakukan langkah antisipasi. Seperti membuat sumur pantek.
Keberadaan sumur pantek ini memang menjadi satu-satunya alternatif untuk memenuhi kebutuhan air bagi petani sawah tadah hujan. “Ya setelah air waduk habis, sumur pantek kita andalkan,” ucap Sukarna, salah satu petani setempat.
Untuk para petani di wilayah Kecamatan Gantar dan Haurgeulis, terhentinya suplai air dari waduk Cipancuh tidak akan menuai masalah yang berarti. Mereka sudah mempersiapkan diri membuat sumur pantek di masing-masing areal sawahnya.
Hanya saja, karena jumlah petani yang menggunakan sumur pantek semakin banyak, muncul persoalan lain. Yaitu produktivitas air terus mengalami penurunan.
“Maka solusinya harus bergiliran. Kalau semua nyedot, air yang keluar kecil sekali,” tandas Sukarna. (Sumber Radar Cirebon )
Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami disini.

Recent Post