Indramayu


Cirebon


Subang


Home » » Petani Berharap Waduk Cipancuh Dinormalisasi

Petani Berharap Waduk Cipancuh Dinormalisasi

Ribuan petani yang berada diwilayah Kecamatan Haurgeulis dan Gantar kabupaten Indramayu sangat berharap Waduk Cipancuh yang terletak di Desa Situraja untuk dinormalisasi atau dilakukan pengerukan, karena saat ini kondisinya sudah sangat memprihatinkan dan sudah terjadi sendimentasi yang cukup parah. Hal tersebut dikatakan oleh salah seorang petani Desa Kertanegara, Dulkahar (57). "Kondisi waduk Cipancuh saat ini sudah sangat parah, terutama masalah pendangkalan", tutur Dulkahar. " Dulu ketika saya masih kecil, keberadaan air di waduk Cipancuh kuat hingga sampai bulan Agustus, tapi sekarang air hanya bertahan sampai bulan Mei saja, sehingga setiap tahun para petani sering gagal panen ", tutur Dulkahar lagi.

Begitu pula yang dikatakan Nartono (65), bahwa Waduk Cipancuh harus segera dinormalisasi atau dikeruk, sehingga nantinya kapasitas air di Waduk Cipancuh bisa bertambah. Dikatakan pula oleh Nartono, bahwa para petani yang tersebar diwilayah Kecamatan Haurgeulis terutama yang wilayahnya berada dipenghujung selalu kesulitan air karena kalah berebut air dengan petani yang areal sawahnya dekat dengan Waduk.

Dihubungi pertelepon, Kepala Pengamat Pengairan Waduk Cipancuh, H. Sukamto (50) mengakui bahwa memang kondisi Waduk Cipancuh sudah mengalami sendimentasi atau pendangkalan yang sudah cukup parah, karena dari semenjak pertama kali Waduk dibangun, hingga saat ini belum pernah ada program normalisasi secara menyeluruh terhadap Waduk Cipancuh. Dijelaskan lagi oleh Sukamto, bahwa sa'at ini daya tampung air di Waduk Cipancuh hanya sekitar 6 Juta m3. Dengan kondisi seperti ini air diwaduk Cipancuh hanya bisa bertahan selama satu bulan jika kondisi cuaca tidak ada hujan, katanya lagi. Masih menurut Sukamto, "Idealnya daya tampung air diWaduk Cipancuh itu sekitar 10 Juta M3, dengan kondisi 10 Juta M3, waduk bisa bertahan hingga 2 bulan sa;at kondisi cuaca tidak hujan, terangnya. Untuk itu Dia berharap agar pihak Pemerintah segera melakukan normalisasi waduk Cipancuh sehingga ribuan petani tidak lagi merasa was-was ketika mengolah sawah di musim gaduh.

Sementara itu dari pihak PSDA TAMBEN Kabupaten Indramayu menginformasikan bahwa untuk waduk Cipancuh, hingga sa'at ini sedang dalam tahap kajian agar Waduk Cipancuh bisa diisi air melalui sungai Cikandung, sehingga Waduk Cipancuh tidak hanya bergantung dari air hujan saja. Dan masih menurut sumber tadi, masalah normalisasi Waduk Cipancuh sebetulnya sudah diusulkan kepada pihak BWWS Citarum Cisanggarung, karena kewenangan administratifnya ada di BWSS terangnya. (Sukradi)

4 komentar:

  1. MAU MENDAPATKAN UANG SAMPINGAN?
    YUK MAIN DI ARENA.. DOMINO..

    ReplyDelete
  2. Promo www.Fanspoker.com :
    - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
    - Bonus Cashback 0.5% Setiap Senin
    - Bonus Referal 20% Seumur Hidup
    || bbm : 55F97BD0 || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    ReplyDelete
  3. butuh dana cuma bermodal 15.000 mari gabung di poker terpercaya hanya di ion_QQ,pin BB 58ab14f5.

    ReplyDelete
  4. b0la, c4sin0, CMDbet, tangkas, sabung 4yam, dll hanya di F4NS B3TT1N9, yukk buruan.. :)

    ReplyDelete